Sukses

Inggris Vs Belgia: Harry Kane Jadi Cadangan?

Pemenang Inggris vs Belgia akan jadi juara Grup G Piala Dunia 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Inggris akan memainkan laga terakhir mereka di Grup G Piala Dunia 2018 lawan Belgia, dinihari WIB nanti. Legenda Inggris, Sol Campbell, menyarankan pelatih Gareth Southgate mengistirahatkan penyerang andalan Harry Kane.

Inggris dan Belgia, saat ini sudah pasti lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018. Pertandingan itu hanya soal menentukan pemuncak klasemen dan runner up Grup G. Karenanya, Campbell meyakini Kane bisa diistirahatkan.

"Saya lebih memilih dia (Kane) di bangku cadangan dan bermain untuk 20 menit atau 20 menit terakhir," ujar Campbell dikutip dari tribalfootball.

Menurutnya fase gugur Piala Dunia adalah laga sulit sesungguhnya. Berdasarkan pengalamannya di Piala Dunia sebelumnya, Campbell menilai sang pelatih harus pintar-pintar menyimpan tenaga pemain dan menggunakannya sebaik mungkin.

 

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kane Tidak Rela

Namun, Campbell sadar betul bahwa Kane mungkin tidak rela duduk di bangku cadangan saja. Tapi baginya mungkin yang terbaik adalah memainkan di 20 atau 30 menit akhir pertandingan.

"Dia pasti sangat ingin bermain tetapi saya pikir anda harus melihat gambaran besarnya. Ya, dia ingin mendapatkan sepatu emas, tetapi anda harus mengistirahatkan kaki pemain hebat Anda," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Kelelahan Mental

Menurut Campbell, satu hal yang tidak disadari pemain adalah kelelahan mental, bukan hanya kelelahan fisik. Menurutnya energi Kane mungkin akan terkuras jika harus bermain melawan tim hebat Belgia.

"Anda tidak akan menyadarinya, anda boleh bersemangat, semua orang bahagia dan rasa percaya diri tinggi tetapi pertandingan itu menguras mental anda."

"Tubuh anda akan habis dikuras kelelahan mental dan pikiran anda di pertandingan seperti ini, jadi yang terbaik adalah sedikit beristirahat untuk bermain di laga lainnya," sambung dia.

"Dari kelelahan fisik dan pendekatan mental, saya rasa semua hal mendukung (untuk mengistirahatkan Kane)."

 

4 dari 4 halaman

Klasemen Grup G

1 Inggris 2 2 0 0 8 2 6 6

2 Belgia 2 2 0 0 8 2 6 6

3 Tunisia 2 0 0 2 3 7 -4 0

4 Panama 2 0 0 2 1 9 -8 0

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.