Sukses

Bukan Neymar, Coutinho Jadi Penentu Brasil di Piala Dunia 2018

Philippe Coutinho telah mencetak dua gol di Piala Dunia 2018, sedangkan Neymar baru satu.

Liputan6.com, Moskow - Sejak mencetak debut pada 2010 lalu, Neymar merupakan roh dari permainan Timnas Brasil. Namun, di Piala Dunia 2018, sinar striker berusia 26 tahun tersebut malah redup.

Neymar dianggap sebagai sebuah mahakarya yang dilahirkan Brasil sepeninggal era Ronaldo Nazario de Lima, Ronaldinho, dan Kaka. Meski begitu, Neymar seolah-olah tidak sanggup memikul eskpektasi tinggi, yang berubah menjadi beban untuknya.

Neymar dikritik habis saat Brasil hanya bermain imbang melawan Swiss pada matchday pertama Piala Dunia 2018 Grup E. Mati kutu di tangan Valon Behrami, untungnya skuat berjuluk Tim Samba itu punya Philippe Coutinho yang dapat mengambil alih peran Neymar.

Di laga kedua melawan Kosta Rika, taji Neymar mulai terlihat. Bersama Coutinho, Neymar menjadi pencetak gol kemenangan Brasil 2-0.

Kaka menyebut Coutinho sebagai pilar penting skuat Brasil di Piala Dunia 2018. Bukan Neymar, yang malah belum tampil konsisten sejauh ini.

"Kelompok ini (Brasil) sangat kuat. Dan kami melihat Coutinho sebagai protagonis. Dia pemain paling menentukan di Brasil," ujar Kaka disadur dari ESPN.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Neymar Pemain Terbaik

Meski belum menunjukkan performa apik, Kaka tetap menganggap Neymar sebagai pemain terbaik di skuat Brasil. "Neymar tetap pemain terbaik kami," kata Kaka.

Selain itu, Kaka juga memuji peran pelatih Tite yang membuat para pemain nyaman. "Saya pikir, Tite telah melakukan pekerjaan hebat. Berusaha membuat senyaman mungkin dan Brasil lebih kuat."

3 dari 3 halaman

Menanti Performa Terbaik Neymar

Kaka meminta para penggemar untuk sabar menanti performa terbaik Neymar. Maklum, pencetak 28 gol untuk PSG di musim lalu tersebut baru sembuh dari cedera.

"Butuh beberapa waktu untuk melihat Neymar. Kami melihat dia tumbuh di setiap pertandingan, dan saya pikir, kita harus melindunginya untuk tidak emosional," imbuh Kaka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.