Sukses

Prediksi Portugal Vs Spanyol: Menanti Sentuhan Hierro

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Spanyol akan memulai petualangan di Piala Dunia 2018 dengan menghadapi sesama kandidat juara, Portugal. Super big match pertama di Rusia ini akan digelar di Olimpiyskiy Stadion, Sabtu (16/6/2018) dini hari WIB.

Prahara menimpa timnas Spanyol dua hari jelang laga perdana di Piala Dunia 2018. La Furia Roja mendadak berganti pelatih. Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memecat Julen Lopetegui. 

Keputusan mengejutkan ini diambil karena RFEF kecewa berat Real Madrid mengumumkan secara resmi penunjukan Lopetegui sebagai pengganti Zinedine Zidane. RFEF merasa tidak dihormati karena Lopetegui baru saja memperpanjang kontrak sampai 2020.

RFEF kemudian mempercayakan legenda Real Madrid Fernando Hierro sebagai pengganti Lopetegui. Sebelumnya, pria 50 tahun itu merupakan direktur olahraga timnas Spanyol.

Pergantian pelatih mendadak ini dikhawatirkan akan mempengaruhi kinerja timnas Spanyol di Piala DUnia 2018. Para penggawa Spanyol jelas butuh waktu untuk beradaptasi dengan gaya kepelatihan Hierro.

Namun, para pemain timnas Spanyol yakin pergantian pelatih ini takkan memberi pengaruh besar. Mereka tetap optimistis bisa juara di Rusia.

"Kami adalah tim nasional, kami mewakili perisai, warna, suporter, dan negara. Tanggung jawab dan komitmen bersama Anda dan untuk Anda. Kemarin, hari ini, dan besok, tetap bersama-sama: #VamosEspana," tulis Ramos di akun Twitter-nya.

1 dari 3 halaman

Matikan Ronaldo

Sementara bek Gerard Pique menjadikan kesuksesan tim basket Universitas Michigan pada 1989 sebagai inspirasi untuk Spanyol. Tim kampus itu memang sukses menjadi juara kompetisi NCAA meski melakukan pergantian pelatih hanya beberapa saat sebelum musim dimulai.

Sama seperti Hierro yang ditunjuk menggantikan Lopetegui, kala itu Steve Fisher yang menggantikan Bill Frieder sukses mengantar tim Universitas Michigan juara NCAA.

"Universitas Michigan. Basket. 1989. Juara NCAA. Bukan menjadi yang pertama kali terjadi. Semua bersatu, sekarang melebihi kapan pun," ujar Pique lewat akun Twitter pribadinya.

Dengan waktu yang sangat minim, Hierro tampaknya tidak akan melakukan perubahan drastis pada debutnya bersama timnas Spanyol. Formasi dan komposisi starter bakal tetap mengikuti yang dipakai Lopetegui.

Tugas berat Hierro adalah bagaimana mematikan bintang Portugal Cristiano Ronaldo. Pemain Real Madrid itu bakal jadi tumpuan utama Portugal.

Sergio Ramos bakal diinstruksikan menjaga ketat Ronaldo. Ramos sudah sangat mengenal Ronaldo karena sama-sama bermain di Real Madrid.

2 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Portugal: Patricio; Pepe, Bruno Alves, Cedric, Guerreiro; Moutinho, Carvalho, Bruno; Silva, Guedes, Ronaldo

Spanyol: De Gea; Ramos, Pique, Alba, Odriozola; Iniesta, Silva, Busquets, Isco, Thiago; Costa

Artikel Selanjutnya
Jadwal Piala Dunia 2018, Siaran Langsung Nanti Malam
Artikel Selanjutnya
Klasemen Grup A Piala Dunia 2018: Rusia di Singgasana