Sukses

3 Pemain Muda yang Memesona di Liga 1 2018 hingga Pekan ke-13

Jakarta - Sebanyak 182 pemain belia (berusia maksimal 23 tahun) bermain di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Mereka tersebar di 18 klub yang jadi peserta liga musim ini. Lalu, siapakah pemain yang memiliki penampilan mengilap sejauh ini?

Persipura Jayapura menjadi klub pengguna jasa pemain muda terbanyak, yakni 13 pemain. Adapun klub yang memiliki pemain muda terminim adalah Madura United, PSMS Medan, dan Persija Jakarta yang masing-masing dihuni tujuh pemain.

Tak semua klub di Liga 1 2018 memberikan kesempatan bermain pada pemain muda. Penyebabnya, satu di antaraya karena PT Liga Indonesia Baru, operator kompetisi bersama PSSI, menghapus regulasi soal memainkan tiga pemain U-23 per pertandingan.

Penghapusan regulasi itu bisa jadi mengurangi kesempatan bermain deretan pemain muda yang berusia U-23. Padahal, mereka memiliki penampilan dan kualitas yang mumpuni, yang dinilai mampu bersaing dengan pemain senior atau pemain asing.

Ada pemain-pemain muda, aset bangsa, yang mampu memberikan penampilan apik. Bahkan, tak jarang menghuni skuat inti dan menjadi pemecah kebuntuan di klubnya masing-masing.

Lantas, siapa saja pemain muda musim ini yang mampu memberikan penampilan apik? Berikut ini 3 pemain muda yang mengilap di Liga 1 2018 hingga pekan ke-13 versi Bola.com:

Sumber: Bola.com

1 dari 4 halaman

Dedik Setiawan

Penyerang Arema, Dedik Setiawan, mengakui kelelahan saat melawan PSM (13/5/2018). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Kehadiran Dedik Setiawan di Arema FC musim ini layak mendapatkan perhatian. Pemain berusia 23 tahun itu mampu memberikan penampilan terbaik.

Dalam 730 menit yang dimainkan pada 11 laga, Dedik berhasil menceploskan lima gol. Jumlah gol tersebut hampir menyamai koleksi gol Dedik musim lalu, yakni enam gol.

Dengan sisa musim yang masih panjang, torehen demi torehan gol Dedik diyakini masih akan bertambah. Ini tentu saja menjadi berkah buat Arema FC yang sedang ingin memperbaiki posisi mereka di klasemen.

2 dari 4 halaman

Frets Butuan

Gelandang PSMS Medan, Frets Butuan, menggiring bola saat melawan Sriwijaya FC pada perebutan tempat ketiga Piala Presiden di SUGBK, Jakarta, Sabtu (17/2/2018). PSMS kalah 0-4 dari Sriwijaya FC. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Frets Butuan menjadi pemain penting di PSMS Medan. Pemain berusia 22 tahun itu hampir selalu tampil penuh dalam 13 pertandingan yang sudah dimainkan di Liga 1 2018.

Jaminan starter yang diberikan pelatih Djadjang Nurdjaman tak disia-siakan Frets. Pemain asal Ternate itu berhasil mencetak empat gol.

Penampilan Frets Butuan diprediksi masih akan berlanjut sampai akhir musim. Ini menjadi sinyal bahaya untuk tim yang akan menghadapi PSMS.

3 dari 4 halaman

Septian David Maulana

Pemain Mitra Kukar, Septian David Maulana saat melawan Persib Bandung pada laga Liga 1 Indonesia di GBLA, (8/4/2018).  (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Septian David Maulana menjadi satu di antara pilar penting di Mitra Kukar musim ini. Pemain berusia 21 tahun tersebut tercatat sudah tampil dalam 10 pertandingan yang dua di antaranya tampil penuh 90 menit.

Meski demikian, Septian David kerap hadir menjadi pemecah kebuntuan timnya. Pemain Timnas Indonesia U-23 itu mampu mencetak tiga gol sampai pekan ke-13 Liga 1 2018.

Penampilan apik Septian David berdampak pada posisi Mitra Kukar di klasemen. Klub berjulukan Naga Mekes saat ini perlahan naik ke posisi 12 klasemen dengan raihan 16 poin.

Sumber: bola.com

Artikel Selanjutnya
Cetak Dua Gol, Striker Arema Makin Percaya Diri
Artikel Selanjutnya
3 Pemain Terbaik Pekan Ke-6 Liga 1