Sukses

Fakta Menarik Kemenangan Rusia Atas Arab Saudi

Jakarta Rusia tampil dominan dengan mengalahkan Rusia lima gol tanpa balas pada laga pembuka Piala Dunia 2018. Rusia pun mencatatkan sejumlah catatan menarik dengan kemenangan tersebut.

Gol kemenangan tim tuan rumah dicetak oleh Iury Gazinsky (12'), Denis Cheryshev (43', 90'+1'), Artem Dzyuba (71'), dan Aleksandr Golovin (90'+4'). Sepanjang pertandingan, statistik FIFA mencatat sebenarnya Rusia kalah dominan dalam penguasaan bola yakni 40 persen berbanding 60 persen milik Arab Saudi.

Namun, pasukan Stanislav Cherchesov sukses menciptakan 13 peluang yang tujuh di antaranya akurat. Adapun Arab Saudi hanya meraih enam peluang yang tak ada satu pun menemui sasaran.

Kemenangan ini membuat Rusia memperpanjang catatan apik tim tuan rumah yang tak pernah kalah pada laga pembuka Piala Dunia. Raihan tiga poin juga membuat tim berjuluk Beruang Merah itu menjadi pemuncak klasemen sementara Grup A.

Tak hanya kemenangan, dalam laga tersebut Rusia juga mampu menorehkan beberapa catatan apik dan rekor pada laga pembuka di Piala Dunia 2018. Berikut ini beberapa catatan apik dan rekor di balik kemenangan telak Rusia versi Opta.

2 dari 2 halaman

5 Fakta Menarik Kemenangan Telak Rusia atas Arab Saudi di Piala Dunia 2018

1. Denis Cheryshev menjadi pemain pertama dalam sejarah Piala Dunia yang sukses mencetak dua gol dalam laga pembuka sebagai pemain pengganti.

2. Artem Dyzuba menjadi pemain pengganti kedua dalam sejarah Piala Dunia yang mampu mencetak gol cepat yakni 89 detik setelah masuk ke lapangan. Rekor gol tercepat pemain pengganti masih dimiliki pemain Polandia, Marcin Zewlakow yang mencetak gol ke gawang Amerika Serikat dalam waktu 64 detik.

3. Mengalahkan Arab Saudi dengan skor 5-0 menjadi kemenangan terbesar Rusia di Piala Dunia. Sebelumnya, Rusia meraih kemenangan 6-1 atas Kamerun pada Piala Dunia 1994.

4. Rusia menjadi negara tuan rumah kedua dalam sejarah Piala Dunia yang mampu meraih kemenangan dengan skor telak. Rusia mengikuti jejak Italia yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 1973 dan sukses mengalahkan Amerika Serikat dengan skor 7-1.

5. Aleksandr Golovin menciptakan lima peluang untuk mencetak gol dalam kemenangan Rusia atas Arab Saudi (dua di antaranya menjadi gol). Pemain terakhir yang menciptakan lebih banyak peluang dalam satu pertandingan Piala Dunia untuk Rusia/ Uni Soviet adalah Kakhi Asatiani pada tahun 1970 (7 vs Belgia).

Sumber: bola.com

Artikel Selanjutnya
Ramos: Pemecatan Lopetegui Tak Bikin Timnas Spanyol Terganggu
Artikel Selanjutnya
Pelatih Rusia: Dengan atau Tanpa Mohamed Salah, Mesir Tetap Kudu Diwaspadai