Sukses

Piala AFF 2018: Timnas Filipina Dibesut Mantan Kapten Timnas Inggris?

Manila - Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) diberitakan bakal menujuk Terry Butcher sebagai pelatih baru untuk menangani Timnas Filipina.

PFF belum merilis secara resmi, namun bocoran perihal sosok pelatih Timnas Filipina untuk Piala AFF 2018 serta Piala Asia 2019 dimunculkan media massa terbitan Skotlandia pada edisi Rabu (13/6/2018).

The Scottish Sun menulis mantan kapten Timnas Inggris, Terence Ian Butcher atau yang populer dengan nama Terry Butcher, akan menduduki kursi panas pelatih kepala Timnas Filipina.

Ini adalah jabatan pertama Terry Butcher dalam tiga tahun terakhir, setelah kali terakhir pada 2015 ia membesut klub Inggris, Newport County.

Di Timnas Filipina, Butcher dipastikan akan kembali bekerja sama dengan bekas rekannya, Steve Marsella, yang sekarang jadi pelatih kiper The Azkals.

Posisi pelatih kepala sebuah timnas bakal jadi yang pertama dalam karier Terry Butcher, meski sebelumnya ia pernah jadi asisten pelatih Timnas Skotlandia pada 2008.

Sejak pensiun, ia kemudian jadi pelatih. Sebelum kali terakhir membesut Newport County, pria 59 tahun itu pernah melatih Coventry City, Sunderland, Motherwell, hingga Sydney FC.

Saat masih aktif bermain, prestasi Terry Butcher juga cukup apik. Ia membantu Rangers memenangi tiga gelar Liga Skotlandia pada akhir 1980-an. Ia juga jadi bagian saat Ipswish Town memenangi gelar juara Piala UEFA pada 1981.

 

 

2 dari 2 halaman

Kapten Timnas Inggris

Timnas Filipina merayakan kepastian tampil di Piala Asia 2019 setelah mengalahkan Tajikistan di Manila, Selasa (27/3/2018). (Bola.com/Dok. AFC)

Terry Butcher tampil dalam tiga kali Piala Dunia bersama Timnas Inggris, ia bahkan pernah menjabat sebagai kapten The Three Lions.

PFF maupun publik Filipina berharap pengalaman Terry Butcher baik sebagai pemain maupun pelatih bisa menular ke pemain Timnas Filipina saat ia mengambil alih kendali The Azkals untuk Piala AFF 2018 serta Piala Asia 2018.

Di Piala AFF 2018, Timnas Filipina tergabung di Grup B bersama Indonesia, juara bertahan Filipina, Singapura, dan pemenang play-off antara Timor Leste versus Brunei Darussalam.

Sumber: The Scottish Sun

Video Populer Bola

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Cetak Sejarah di Timnas Filipina, Thomas Dooley Ingin Latih Singapura
Artikel Selanjutnya
Jersey Baru Timnas Indonesia Semakin Simpel dan Polos