Sukses

Target Dana Sponsor Asian Games 2018 Rp 1,1 Triliun Tercapai

Penyelenggaraan Asian Games 2018 memerlukan dana yang tak sedikit yakni Rp 5,6 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Penyelenggaraan Asian Games 2018 memerlukan dana yang tak sedikit yakni Rp 5,6 triliun. Pihak Inasgoc selaku panitia penyelenggara, lewat Ketua Umum, Erick Thohir pada November lalu menargetkan mendapat pemasukan Rp 1,1 triliun dari sponsor.

Wakil Direktur Bidang Pendapatan Inasgoc, Cahyadi Wanda mengatakan, target tersebut telah tercapai. "Jumlahnya tidak bisa kita kasih tau, hanya yang ditargetkan oleh Ketua Pelaksana (Erick Thohir, red) sudah tercapai," ujar Wanda saat penandatanganan kerjasama dengan Indofood di Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Cahyadi menambahkan, saat ini ada 37 pihak yang telah bersedia menjadi sponsor Asian Games 2018. Oleh Inasgoc, sponsor-sponsor tersebut dibagi ke dalam tiga kategori yakni prestige, partner, dan suplier.

Menurut Cahyadi, slot untuk sponsor kategori prestige yang mayoritas diisi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah habis. Pun begitu dengan kategori partner yang diisi oleh pihak swasta.

Untuk kategori supplier, Cahyadi mengungkapkan pihak Inasgoc saat ini masih bernegosiasi dengan beberapa pihak. Nantinya, pihak yang masuk kategori tersebut tidak menyumbang dalam bentuk uang melainkan produk.

"Karena kita butuh banyak barang seperti minuman, teh, peralatan mandi dll." kata Cahyadi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Inventory Board

Sponsor-sponsor yang masuk ke Inasgoc nantinya akan ditempatkan dalam papan-papan (inventory board) di setiap cabang olahraga di Asian Games 2018. Cahyadi mengatakan, ada perbedaan jumlah inventory board pada setiap cabang-cabang olahraga.

"Sepak bola maksimal 40 inventory board. Tapi di beberapa cabang ada yang lebih sedikit seperti menembak. Secara space, atletik paling banyak karena tempatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno," ujar Cahyadi.

3 dari 3 halaman

40 Cabang Olahraga

Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang setidaknya akan diikuti oleh 45 negara peserta dengan ratusan atlet serta puluhan delegasi. Acara olahraga empat tahunan ini akan berlangsung dari 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Ada 462 nomor dari 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018. Indonesia sendiri menaruh harapan meraih medali emas pada bulutangkis, atletik, tenis lapangan, akuatik, dan karate.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.