Sukses

Lawan Borneo FC, Persija Alami Penurunan Jumlah Penonton

Liputan6.com, Jakarta Hanya empat hari setelah mencetak rekor penonton terbanyak di Piala AFC, jumlah pendukung Persija Jakarta pada partai melawan Borneo FC mengalami penurunan drastis. Pertandingan pekan keempat Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/4/2018) itu ditonton 25.448 pasang mata.

Bandingkan saat Persija menghajar Johor Darul Ta’zim (JDT) di Piala AFC, Selasa (10/4/2018), sebanyak 60.157 pendukung memenuhi SUGBK. Padahal, matchday kelima Grup H tersebut digelar di hari kerja.

Artinya, Persija kehilangan 34.709 penonton ketika melawan Borneo FC. Walaupun berlangsung di akhir pekan, partai tersebut tidak mengundang banyak pendukung untuk hadir di SUGBK.

Dugaan awal, partai melawan JDT lebih bergengsi dibandingkan menghadapi Borneo FC. Pasalnya, pertandingan tersebut turut mempengaruhi peluang Persija untuk melaju ke babak berikutnya.

Jumlah penonton kala menjamu Borneo FC juga yang terkecil dalam dua partai kandang Persija di musim ini. Laga home pertama melawan Arema FC mampu menyedot 62.273 pendukung.

2 dari 3 halaman

Faktor Jadwal Pertandingan

Manajer Persija, Marsma Ardhi Tjahjoko, buka suara terkait penurunan jumlah penonton saat melawan Borneo FC. Menurutnya, jadwal pertandingan yang mepet menjadi faktor utamanya.

Dugaan lainnya ialah mahalnya harga tiket termurah partai kandang Persija. Untuk tribun ekononi, para penonton harus menyiapkan uang sekitar Rp 65-75 ribu sekali pertandingan.

"Saya pikir karena partai terlalu dekat, bisa dibilang empat hari sekali bermain, belum mendapat Piala AFC. Masalah dana, itu permasalahannya. Tentu tidak bisa terus mengutamakan nonton sepak bola. Kebutuhan kan lain-lain. Karena terlalu mepet pertandingan. Itu saja," kata Ardhi.

3 dari 3 halaman

Jumlah Penonton Partai Persija di SUGBK

Vs Bali United (Final Piala Presiden): 68.272 Penonton

Vs Tampines Rovers (Piala AFC): 49.056 Penonton

Vs Song Lam Nghe An (Piala AFC): 46.184 Penonton

Vs Bhayangkara FC (Liga 1): 39.425 Penonton*

Vs Arema FC (Liga 1): 62.273 Penonton

Vs Johor Darul Ta’zim (Piala AFC): 60.157 Penonton

Vs Borneo FC (Liga 1): 25.448 Penonton

*: Persija berstatus sebagai tim tamu.

Loading
Artikel Selanjutnya
Liga 1 2018: Permainan Marko Simic Dinilai Mulai Terbaca
Artikel Selanjutnya
Pelatih Borneo FC: Persija Calon Juara Liga 1