Sukses

Peringkat FIFA: Jerman Pertama, Indonesia Tidak Berubah

Peringkat Indonesia tidak berubah daftar terbaru FIFA.

Liputan6.com, Jakarta Federasi sepak bola dunia (FIFA) telah merilis peringkat negara-negara anggotanya per 12 April 2018. Posisi nomor satu masih dihuni Jerman. Sementara, peringkat Indonesia tidak berubah.

Indonesia bercokol di peringkat ke-162 dengan 111 poin. Selain Indonesia, ada dua negara lain yang memiliki poin sama, yaitu Guyana dan Nepal.

Dalam situs FIFA, Indonesia tidak mendapat tambahan poin dalam sebulan belakangan. Padahal, Timnas Indonesia kelompok umur U-23 mampu menang 3-0 melawan Singapura U-23 pada partai uji tanding 21 Maret 2018 lalu.

Ternyata, partai persahabatan tersebut tidak masuk ke dalam FIFA Matchday. Artinya, tidak ada poin yang diperebutkan oleh kedua negara.

Akhir bulan ini, Timnas Indonesia U-23 bakal bertanding dalam turnamen Anniversary Cup pada 27 April - 3 Mei 2018. Perhelatan ini diperkirakan tidak memenuhi persyaratan FIFA Matchday, lantaran yang bermain ialah timnas kelompok umur, bukan senior.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Zona Asia

Sementara itu, tren negatif tengah dialami negara-negara Asia pada peringkat terbaru FIFA. Iran yang bulan lalu menempati peringkat ke-33, harus turun tiga level ke posisi 36.

Lainnya seperti Australia yang saat ini menduduki peringkat ke-40, turun tiga peringkat dibanding sebelumnya. Adapun, Kirgistan meraih kenaikan signifikan 40 peringkat untuk bercokol di posisi ke-75.

Filipina (113) menjadi negara Asia Tenggara tertinggi di peringkat FIFA. Disusul oleh Thailand (122), Myanmar (135), dan Indonesia (162).

3 dari 3 halaman

Peringkat Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.