Sukses

5 Kandidat Kuat Kapten Barcelona Musim Depan

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona saat ini tengah mengalami musim yang hebat di bawah Ernesto Valverde. Tapi setelah Javier Mascherano pergi, mereka harus segera memilih kapten baru musim depan.

Blaugrana sebenarnya punya tiga kapten, yakni Andres Iniesta, Lionel Messi, dan Sergio Busquets. Valverde tentu akan menentukan kapten keempatnya untuk musim depan yang bisa mengomandoi tim tampil konsisten, baik di dalam maupun luar lapangan.

Apalagi, bertahannya Iniesta di Camp Nou musim panas nanti juga masih diragukan. Andai pergi, maka salah satu sosok kepemimpinan di Barcelona hilang dan harus mencari yang baru.

Di bawah ini ada lima daftar kandidat kuat kapten Barcelona musim depan. Siapa saja? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

2 dari 6 halaman

Marc-Andre Ter Stegen

Marc-Andre ter Stegen (doc. Barcelona)

Penjaga gawang Jerman itu menunjukkan kecemerlangannya sejak tiba di klub pada tahun 2014. Dia bermain untuk kompetisi Eropa, sementara Claudio Bravo digunakan di pertandingan liga.

Tapi setelah kepergian Bravo ke Manchester City, Ter Stegen mengambil tanggung jawab menjadi kiper nomor satu di kedua kompetisi. Dia telah membuat 18 clean sheet dalam 29 penampilan di liga musim ini dan juga memiliki clean sheet terbanyak di Liga Champions (bersama dengan Loris Karius) dengan 5 kali.

Dia adalah penjaga gawang pas buat Barcelona sejak cabutnya Victor Valdes dan bisa menjadi nomor satu di Camp Nou untuk jangka panjang. Dengan tidak adanya Manuel Neuer, ia juga mengambil tanggung jawab sebagai penjaga gawang Timnas Jerman.

Ter Stegen selalu menjaga ketenangannya bahkan dalam situasi tekanan, seperti yang dinyatakan oleh pelatih Ernesto Valverde. Kecemerlangannya sangat terkenal bagi para penggemar dan ia telah muncul sebagai pesaing yang kuat untuk menjadi kapten keempat Barcelona.

3 dari 6 halaman

Luis Suarez

Luis Suarez  (AFP/Pau Barrena)

Luis Suarez telah membuktikan dirinya sebagai aset luar biasa bagi Barcelona dengan mencetak 100 gol dengan sangat cepat. Dia telah memenangkan La Liga, Liga Champions, dan Copa Del Rey bersama Barcelona.

Eks Liverpool ini juga telah memenangkan Golden Boot setelah tiba di klub dan itu terjadi setelah mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Pemain bernomor 9 itu menikmati musim ini dengan penampilan yang mengesankan, mencetak 21 gol hanya dalam 25 penampilan liga.

Dia adalah seorang striker mematikan dan membentuk salah satu kombinasi terbaik dengan Messi di sampingnya. Pemain asal Uruguay ini telah memantapkan dirinya sebagai salah satu striker terbaik dalam buku sejarah Barcelona dalam rentang waktu yang singkat dan sepertinya akan tinggal di Camp Nou selama beberapa tahun lagi.

Suarez telah memantapkan dirinya sebagai kepribadian yang berpengaruh di lapangan. Sepertinya dia bisa mengambil tanggung jawab memimpin Blaugrana ketika dibutuhkan.

4 dari 6 halaman

Jordi Alba

Bek Barcelona, Jordi Alba (AFP/Jose Jordan)

Jordi Alba adalah nama lain dalam daftar untuk menjadi kapten Blaugrana berikutnya. Dia telah mengabdi untuk klub Catalonia itu untuk waktu yang lama dan telah memenangkan beberapa trofi.

Alba tampak seperti sedang mengalami kemunduran. Musim lalu ia memang dikritik, tapi kini kembali ke bentuk yang luar biasa lagi. Musim ini juga dia telah memberi 8 assist di liga dan dua di Copa Del Rey.

Bek kiri ini punya DNA Barcelona. Dia dapat diberikan ban kapten oleh klub untuk jangka panjang.

5 dari 6 halaman

Gerard Pique

Gerard Pique (AFP/Lluis Gene)

Pique sudah bertindak sebagai kapten tanpa gelar resmi, karena berpengalaman dan berkomitmen untuk Blaugrana. Setelah menghabiskan bertahun-tahun di klub Camp Nou, lulusan La Masia itu memiliki lemari piala yang mengesankan dengan klub dan negara yang membuktikan keunggulannya.

Pique aktif tidak hanya di dalam tetapi juga di luar lapangan. Bek itu tidak pernah takut untuk membuat pernyataan yang membela Barcelona di depan media.

Pada usia 31 tahun, ini bisa menjadi kesempatan baginya untuk menjadi kapten Barcelona berikutnya.

6 dari 6 halaman

Ivan Rakitic

Ivan Rakitic (AFP/Cristina Quicler)

Ivan Rakitic adalah pilihan terbaik dan paling masuk akal untuk menjadi kapten Barcelona berikutnya. Setelah datang ke Camp Nou, ia telah menjadi bagian penting dari lini tengah tim dan memenangkan dua gelar liga serta satu trofi Liga Champions.

Gelandang tersebut sudah pernah menjadi kapten di klub sebelumnya Sevilla serta timnas Kroasia. Menjadi kepribadian yang lembut baik di dalam maupun di luar lapangan, ia tampaknya menjadi pilihan yang jauh lebih dewasa dibandingkan dengan Gerrard Pique.

Pernah jadi kapten, hal itulah yang membuatnya menjadi pilihan nomor satu untuk menjadi kapten Barcelona berikutnya. Jika Iniesta pergi, maka tidak ada keraguan bahwa Rakitic akan menjadi salah satu dari dua kapten baru.

Eka Setiawan