Sukses

Makna di Balik Kostum Anyar Persib Bandung

Persib Bandung merilis skuat dan kostum baru untuk kompetisi 2018.

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung telah merilis kostum baru yang akan dipakai selama kompetisi tahun ini. Desainer kostum Persib, Achmad Gunawan, membeberkan konsep di balik rancangan kali ini.

Menurut Achmad, terdapat dua pemikiran besar dalam kostum Persib untuk tahun ini yaitu klasik dan budaya. Sejumlah elemen dihadirkan kembali pada kostum Persib musim 2018.

"Kami ingin mengingat lagi zaman keemasan Persib pada musim 1994/95, tahun di mana Persib menjadi juara. Klasik tapi juga tetap modern, seperti terlihat dari pemilihan warna biru, font, juga kerah," kata pria yang akrab disapa Iwan ini, seperti dilansir situs resmi Persib.

Sementara itu, budaya asli warga Jawa Barat direpresentasikan dalam wujud senjata bernama Kujang. Terakhir kali, tim berjulukan Maung Bandung itu menggunakan elemen kujang saat sukses menjuarai Liga Super Indonesia 2014.

"Owner (Direktur Utama PT PBB, Glenn Sugita) juga ingin ada unsur kultur Sunda, makanya dalam numbering, ada kujang dan kalau kita lihat lebih dekat, kujang itu adalah rangkaian lubang yang b‎erbentuk segienam," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rumah Lebah

Selain melambangkan sepak bola dan kebersamaan dari rumah lebah yang penuh madu, ornamen hexagon juga merepresentasikan Graha Persib yang juga baru direnovasi. Kemudian terdapat elemen loreng, yang menjadikan kostum ini kian menunjukkan karakteristik Maung Bandung.

"Loreng maung tepatnya, yang ada di punggung dan perut maung. Kami buat elemen ini dengan sederhana biar enggak mengganggu elastisitas kain," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.