Sukses

Final Sepak Bola Asian Games Diusulkan di GBLA

Pemprov Jabar berharap laga semifinal dan finalsepak bola Asian Games 2018 digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Ap (GBLA).

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengusulkan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Kota Bandung sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan semifinal dan final cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018.

"Salah satu cabang olahraga Asian Games, yakni sepak bola akan diusulkan untuk digelar di Jawa Barat, mulai dari babak kualifikasi sampai semifinal, yakni di GBLA atau Stadion Si Jalak Harupat," kata Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa di Bandung, Jumat (2/1/2018), seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, pertandingan sepak bola rencananya diselenggarakan di Stadion Patriot di Kota Bekasi, Stadion Wibawamukti di Kabupaten Bekasi, Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, GBLA, dan Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung.

Menurut Iwa, untuk sepak bola bakal disediakan tempat latihan dengan lapangan rumput alami dan waktu tempuh 30 menit perjalanan dari hotel. "Pemakai GBLA bisa menggelar latihan di Sabuga dan Sport Center Arcamanik," kata Iwa.

Pemakai Stadion Pakansari bisa berlati di Stadion Persikabo dan Stadion Pajajaran. Pengguna Stadion Wibawamukti latihan di Sutasoma 77 dan Lapangan Muda Jaya. Sementara untuk pengguna Stadion Patriot, bisalatihan di lapangan A serta B GBK. sedangkan pengguna Stadion Si Jalak Hadupat berlatiha di Lapangan Unpad Jatinagor dan Stadion Siliwangi.

Keputusan penggunaan Stadion Si Jalak Harupat atau GBLA untuk pertandingan semi final dan final sepak bola Asian Games ada di tangan Inasgoc (Panitia Pelaksana Asian Games 2018)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cabang Lain

Asian Games 2018 (Bola.com/Adreanus Titus)

Selain sepak bola, empat cabang olah raga lainnya akan dipertandingkan di Jawa Barat adalah kano slalom, paragliding, road bicycle racing, dan mountain bike cycling atau sepeda gunung.

Untuk sepeda gunung, akan digelar di Subang. Sedangkan road bicycle racing di jalur Subang dan Purwakarta. Balap sepeda termasuk untuk kelas individual road race pria dengan track sepanjang 175,9 km dan 120,1 km untuk perempuan. Sementara kelas individual time trailer untuk pria sepanjang 38,3 km dan 18,7 km untuk perempuan.

"Pemprov Jabar ditugaskan memelihara ruas jalan untuk balap sepeda melalui Dinas Bina Marga. Untuk sepeda gunung pemeliharaan akses oleh Pemkab Subang," papar Iwa.

Cabang olah raga paragliding diselenggarakan di Gunung Mas Puncak, Kabupaten Bogor, dan sedang dalam tahap penyiapan lokasi serta penambahan area launcher. Sedangkan kano slalom diselenggarakan di Bendung Rentang, Majalengka. Sementara untuk penginapan atau hotel untuk peserta kano slalom ditawarkan di Bandung dengan waktu tempuh tiga jam atau Cirebon dengan waktu tempuh dua jam dari venue.

3 dari 3 halaman

Siap Jadi Tuan Rumah

Pemprov Jawa Barat sudah mengalokasikan Rp 7 miliar untuk pencetakan brosur, baligo, umbul-umbul, billboard, rapat koordinasi di tujuh kabupaten kota, perbaikan ruang ganti atlet, dan sekretariat panitia Asian Games di SOR Arcamanik.

"Kita sangat siap menjadi tuan rumah dan sangat siap mendukung. Mari masyarakat Jabar kita meriahkan, hebohkan acara Asian Games ini, setelah puluhan tahun tidak digelar di Indonesia" kata Iwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.