Sukses

Piala Presiden 2018: Lawan PSM, Hanya Bagian Persiapan Persib

Persib Bandung kembali akan tampil di Piala Presiden 2018.

Liputan6.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez, menegaskan jika anak asuhnya masih memerlukan waktu untuk bisa mencapai kondisi yang diinginkannya.

Dalam waktu satu bulan, perkembangan para pemain dia anggap cukup positif bahkan telah berada dalam jalur. Idealnya waktu enam bulan dibutuhkan untuk membangun sebuah tim.

"Saya sudah bekerja di banyak klub, seperti Italia, Argentina, dan Spanyol. Selalu kita bangun sebuah tim dan untuk membangun tim butuh waktu minimal enam bulan, beberapa bisa lebih atau kurang dari itu," kara Gomez. 

"Kita baru bekerja satu bulan tapi kami sudah berada di jalan yang benar. Jadi kita butuh waktu, itu bukan alasan tapi memang itu normal jika sebuah tim butuh waktu untuk berkembang dan di saat yang sama, tim itu juga butuh kemenangan," kata dia.

Jika laga menghadapi PSM Makassar dalam duel pamungkas babak penyisihan grup A Piala Presiden di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Jumat (26/1/2018), Persib meraih kemenangan dan berhasil lolos, itu bukan patokan bentuk kesiapan timnya.

"Andaikan di pertandingan terakhir nanti kami menang lalu banyak orang yang bilang kami sudah siap, itu salah besar," kata Gomez. 

"Mungkin saja kami menang dan tidak kehilangan banyak peluang atau bahkan cetak dua gol atau lebih. Tidak, kami butuh waktu, waktu menjadi tim yang sangat baik. Bobotoh perlu sabar karena persiapan tim masih berlangsung dan hasil yang terbaik akan segera datang." 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Butuh Waktu

Bobotoh diminta bersabar 

Persib harus berjuang keras untuk mengamankan tiket menuju babak 8 besar. Sebab, Maung Bandung sudah mengalami satu kekalahan saat bersua PSMS Medan di laga kedua. 

Sejauh ini, Persib baru mengemas tiga poin setelah menang di laga perdana. Lalu bagaimana bila Maung Bandung masuk kotak? Gomez ternyata bersikap sama. Pria yang pernah masuk dalam tim pelatih Inter Milan itu tetap akan fokus menjalani persiapan menuju Liga 1. 

"Jika kita bisa lolos ya kita akan lanjutkan, tapi jika tidak kita akan tetap mempersiapkan ke liga. Kita punya waktu dan kita perlu bawa pemain ‎baru karena kita tidak punya cukup banyak pemain untuk liga. Setelah itu juga kita perlu bekerja memadukan antara pemain yang baru dengan yang lama," kata Gomez. 

"Kita punya waktu sekitar satu menit tapi di dalam sepak bola kadang Anda tak punya waktu sebanyak itu tapi 1 bulan itu okay buat kami. Jika kami besok lanjut itu bagus, jika tidak lanjut tak apa karena yang penting target kami sebenarnya adalah liga," kata dia.

3 dari 3 halaman

Klasemen Grup A Piala Presiden 2018

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.