Sukses

Timnas Basket 3x3 Kurangi Durasi Tryout ke Luar Negeri

Jakarta - Timnas basket 3x3 terpaksa hanya menerima kucuran Rp 6,4 miliar dana bantuan untuk Asian Games 2018 dari pemerintah. Nominal tersebut lebih kecil dari yang mereka usulkan senilai Rp 20,3 miliar. 

Timnas basket 3x3 awalnya akan menggelar tryout ke Belanda dan Serbia. Di tiap negara, timnas akan tinggal selama sebulan. Namun, agenda tersebut harus direvisi, disesuaikan dengan ketersediaan dana.

"Dana memang terbatas, tapi kami akan mencoba mengakomodasi semaksimal mungkin. Yang dipangkas salah satunya program tryout ke luar negeri, " kata Manajer Timnas 3X3 Indonesia, Fareza Tamrella, saat dijumpai wartawan di Istana Kana, Jakarta, Jumat (12/1/2018). 

Fareza mengatakan tryout yang awalnya dua bulan bakal dikurangi menjadi sebulan. Bahkan, Fareza menyatakan kemungkinan tryout hanya digelar di satu negara.

"Jadi, kemungkinan di Belanda dua pekan dan Serbia dua pekan. Alternatif lainnya, di Belanda sebulan penuh. Jadi kami keliling-keliling saja di Belanda," kata dia. 

Uji coba ke luar negeri rencananya dilaksanakan pada Juni atau Juli 2018. Selanjutnya, pada awal Agustus 2018 timnas basket 3x3 sudah kembali tiba di Indonesia. 

"Sebelum tryout ke luar negeri, tim basket 3x3 Indonesia akan tampil di FIBA Asia pada 29 April-1 Mei," ujar Fareza. 

Basket 3x3 Indonesia baru menggelar seleksi tahap pertama untuk Asian Games 2018. Sebanyak 12 pemain dipanggil pada seleksi yang digelar di Istana Kana, Jakarta, 8-13 Januari 2018. Rencananya, setiap bulan akan ada program promosi dan degradasi hingga menjelang kejuaraan FIBA Asia. 

 

Sumber: bola.com

Artikel Selanjutnya
Timnas Indonesia Gelar 4 Uji Coba Melawan Thailand
Artikel Selanjutnya
Sambut Asian Games, Presiden Jokowi Main Basket Bareng DBL