Sukses

5 Pemain Terbaik Liga Inggris Sepanjang Musim Ini

Pemain-pemain ini tampil menonjol di Liga Inggris ketimbang pemain-pemain lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Liga Inggris sejauh ini sudah memasuki pekan ke-21. Beberapa nama sudah mulai menujukkan tajinya bersama tim masing-masing dan bahkan mencetak rekor.

Manchester City masih sangat perkasa duduk di urutan pertama dengan selisih poin mencapai 15 angka dari posisi kedua, Manchester United di klasemen sementara Liga Inggris. Beberapa pemainnya memang sukses menjadi bintang di balik keberhasilan itu.

Bukan cuma dari Man City, beberapa klub juga berhasil sumbang pemain terbaik dalam daftar ini. Philippe Coutinho, contohnya, yang tampil begitu gemilang meski sempat absen dua bulan akibat spekulais transfer dan cedera.

Dimulai dari Coutinho, berikut 5 pemain terbaik Liga Inggris sejauh musim ini dikutip dari Sportskeeda:

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Philippe Coutinho

Apparel asal Jerman Inggris, Nike, tak sengaja membocorkan kepindahan Philippe Coutinho ke Barcelona. (AFP/Paul Ellis)

Penyihir asal Brasil tersebut membuktikan profesionalitasnya bersama Liverpool. Faktanya, musim ini dia sudah total mencetak 12 gol dan 8 assist dalam 16 laga.

Itu berarti dengan sukses Coutinho berhasil terlibat dalam 20 gol The Reds meski absen dua bulan awal. Keberadaannya bersama pasukan Juergen Klopp sangat vital.

Andai saja lini belakang bisa kuat, bukan tak mungkin Liverpool saat ini tengah bersaing dengan City di puncak. Kerja samanya di lini depan bersama Mohammed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino cukup menakutkan tim lawan.

3 dari 6 halaman

4. Mohamed Salah

Pemain Liverpool, Mohamed Salah berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Leicester City pada laga pekan ke-21 Premier League di Anfield, Sabtu (30/12). Dua gol kemenangan Liverpool dicetak oleh Salah dengan skor akhir 2-1. (Peter Byrne/PA via AP)

Pembelian rekor Liverpool telah terbukti menjadi salah satu rekrutan terbaik musim ini. Pemain asal Mesir itu tampil sensasional sejak didatangkan dengan harga 50 juta euro dari AS Roma pada musim panas dan terpilih sebagai Pemain Terbaik Liga Inggris untuk bulan November 2017.

Salah punya kemampuan untuk memotong dari sayap kanan dan salah satu aspek kunci dari permainan The Reds. Kerja samanya dengan Philippe Coutinho, Roberto Firmino, dan Sadio Mane begitu istimewa.

Saat ini dia merupakan pencetak gol terbanyak kedua Premier League dengan 17 gol. Istimewanya, Salah juga menjadi pemain pertama yang telah mencetak lebih dari 20 gol untuk Liverpool sejak Luis Suarez.

4 dari 6 halaman

3. Harry Kane

Bisakah Harry Kane jadi raja gol di Eropa (AP/Anthony Devlin)

Kane boleh dibilang merupakan striker terbaik dunia tahun ini. Dia sudah dua musim terakhir menjadi top skorer di Liga Inggris.

Musim ini, Kane sukses mengemas 18 gol untuk Spurs. Dia terus berkembang dan terus menjadi ancaman bagi bek manapun di Inggris maupun Eropa lantaran Spurs sukses dibawanya sampai lolos ke babak 16-besar Liga Champions.

Pada 2017, striker Spurs tersebut menjadi pencetak gol terbanyak dalam satu tahun kalender. Hattrick-nya ke gawang Southampton pada Boxing Day lalu menandai golnya ke-56 tahun ini.

5 dari 6 halaman

2. David de Gea

Kiper Manchester United asal Spanyol, David de Gea. (AFP/Ian Kington)

Jarang sekali melihat kiper mendapatkan posisi tinggi dalam sebuah daftar terbaik, terutama di liga dengan banyak penyerang top seperti Salah dan Kane. Tapi, De GEa memang pantas untuk dipilih jadi yang terbaik.

Sejauh ini, kiper berusia 27 tahun itu berhasil mempertahankan cleansheets liga tertinggi di samping pemain Chelsea, Thibaut Courtois. Courtois rata-rata lakukan 2 penyelamatan per game, sementara de Gea bahkan rata-rata menyentuh 3,5 kali save per laganya.

Tanpa de Gea, sangat tidak mungkin United berada di posisi kedua dengan 43 poin saat ini. Peran pentingnya itu tetap diberikan 100 persen di tengah rumor ketertarikan Real Madrid padanya.

6 dari 6 halaman

1. Kevin de Bruyne

Infografis kevin de bruyne (Liputan6.com/Trie yas)

De Bruyne saat ini adalah raja penciptaan peluang di Liga Inggris. Dia merupakan gelandang serang serbaguna yang juga bisa bermain sebagai pemain sayap atau striker kedua.

Pemain Belgia itu saat ini memiliki 6 gol dan 9 assist di liga dan menjadi salah satu sosok penting Pep Guardiola dalam pencarian gelar Liga Inggris pertamanya. Mantan pemain Chelsea tersebut tiba di klub pada tahun 2015 dari Wolfsburg dengan biaya sebesar 55 juta pound sterling.

Jelas, harga itu sangat murah, melihat pasar yang kini sudah gila dan di luar nalar. Manchester City beruntung bisa mendapatkan servis si pemain.

Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.