Sukses

Ini Cara Melatih Arsitek Anyar Flying Wheel

Pelatih Flying Makassar tak terlalu menekankan sisi teknis sa

Makassar - Pelatih Flying Wheel Makassar, Suharto Sudarjo, mengaku tak menekankan sisi teknik atau strategi dalam melatih anak asuhnya. Sudarjo lebih menekankan pendekatan psikologis, mengapa?

"Peran pelatih kepala itu sebetulnya lebih kepada pendekatan psikologis. Jadi saya ingin mereka mengerti apa yang saya mau dari tim ini sehingga saat pertandingan nanti semuanya berjalan lancar," ujar Sudarjo kepada Bola.com, Selasa (27/11/2018).

"Pemain basket putri juga tentunya memiliki mental yang berbeda dari putra. Saya juga harus bisa mengerti kepribadian setiap individu," sambungnya.

Dalam meramu tim, Sudarjo juga tak pernah berpegangan kepada struktur dasar basket. Bagi pelatih sekaligus wakil ketua yayasan Flying Wheel tersebut, kenyamanan para pemain menjadi fokus utamanya.

"Saya tidak pernah mematok pemain tinggi harus jadi center atau sebaliknya. Kalau mereka tidak nyaman bermain di posisi itu, hasilnya tentu tidak akan maksimal," tutur Sudarjo.

Flying Wheel berhasil memetik kemenangan perdana pada Srikandi Cup 2017-2018 saat berjumpa Sahabat Semarang, Senin (27/11/2017). Klub yang berdiri sejak 1946 itu menang dengan skor 65-53 atas Sahabat Semarang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.