Sukses

Hong Kong Terbuka: Alfian / Melati Lewati Rintangan Pertama

Alfian / Melati akan menghadapi Tinn Isriyanet / Pacharapun Chochuwong dari Thailand pada babak final kualifikasi Hong Kong Terbuka.

Liputan6.com, Kowloon - Alfian Eko Prasetya / Melati Daeva Oktavianti mengatasi lawan pertamanya dalam babak kualifikasi Hong Kong Terbuka Super Series 2017. Ganda campuran Indonesia ini mengalahkan wakil tuan rumah, Tam Chun Hei / Ng Tsz Yau, dengan skor 27-25 dan 21-18 di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Selasa (21/11/2017)

Kemenangan ini sekaligus membalas pertemuan perdana mereka di Macau Open 2017 lalu, dimana Alfian / Melati kalah 21-15, 15-21, dan 13-21 dari Tam/Ng.

"Hari ini Alhamdulillah bisa menang. Kemarin kami di Macau Open kalah rubber game sama mereka. Tapi, Alhamdulillah hari ini bisa membalasnya. Kemarin kami banyak kurang sabar dan mati sendiri. Hari ini kami lebih sabar buat menyerang," tutur Alfian usai pertandingan.

Setelah bertanding ketat di game pertama, Alfian / Melati sempat unggul pada awal game kedua. Namun tak mudah begitu saja, mereka malah tersusul lebih dulu, sebelum akhirnya menang.

"Kami banyak melakukan kesalahan sendiri. Banyaknya dari pembukaan atau bola out. Ini hampir sama kejadiannya saat kami di Macau Open kemarin. Jadi kami mencoba mengantisipasi jangan sampai kejadian lagi, harus fokus dan lebih sabar. Nggak mau buru-buru matiin. Kami banyak belajar dari Macau Open kemarin," ucap Melati.

“Pemain ceweknya cepat dan kuat, dia juga dapetan aja. Cowoknya juga rapi, smesnya juga lumayan kencang. Walaupun agak jorok mainnya," tambah Melati mengenai lawan.

Setelah ini, Alfian / Melati masih harus menghadapi satu lawan lagi di babak kualifikasi Hong Kong Terbuka, sebelum akhirnya memastikan diri ke babak utama. Alfian / Melati akan menghadapi Tinn Isriyanet / Pacharapun Chochuwong dari Thailand."Target pribadi sih ke semifinal. Sejauh ini, yang masih harus perbaiki ada masalah komunikasi sedikit, kadang salah pengertian," ujar Alfian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil lain

Selain Alfian / Melati, ganda campuran Hafiz Faisal / Gloria Emanuelle Widjaja juga sukses mengalahkan lawan pertamanya, Rankireddy Satwiksairaj / Ashwini Ponnapa dari India dengan skor 21-18 dan 21-11. Selanjunya, Hafiz / Gloria akan bertemu wakil Hong Kong, Li Kuen Hon/Leung Sze Lok.

Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan / Debby Susanto. (Humas PP PBSI)

Indonesia menurunkan tiga pasangan ganda campuran di Hong Kong Terbuka. Selain Alfian / Melati dan Hafiz / Gloria, ada Praveen Jordan / Debby Susanto. Jordan / Debby datang sebagai unggulan kedua Hong Kong Terbuka.

Tahun lalu, mereka merupakan runner up setelah kalah dari seniornya, Tontowi / Liliyana. Di babak pertama, Jordan / Debby akan menghadapi Mark Lamsfuss / Isabel Herttrich dari Jerman.

 

3 dari 3 halaman

Tontowi / Liliyana

Sementara itu, Tontowi / Liliyana batal tampil pada turnamen ini. Pasangan ini memutuskan mundur karena kondisi yang tidak memungkinkan. Padahal Tontowi / Liliyana merupakan pasangan juara bertahan.

Ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir. (Humas PP PBSI)

Pekan lalu, Tontowi / Liliyana terhenti di perempat final China Terbuka Super Series Premier 2017. "Sebenarnya sangat disayangkan karena Tontowi/Liliyana harus mundur. Tetapi, kami harus bisa realistis dengan keadaan Liliyana sekarang," ucap asisten pelatih ganda campuran Pelatnas PBSI Vita Marissa soal absennya Tontowi / Liliyana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.