Sukses

Prediksi PSM vs Persib: Kembali ke Tiga Besar!

PSM Makssar waspadai Persib yang konsisten dalam penyerangan

Liputan6.com, Jakarta PSM Makassar berhasrat kembali ke tiga besar Liga 1 saat menjamu Persib Bandung di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (15/10). Namun, misi mereka jelas tak mudah karena Persib datang bukan cuma ingin seri, tapi menang.

Kekalahan di markas Borneo FC pekan lalu membuat PSM gagal meneruskan tren positifnya. Hal ini bikin poin mereka didekati dan disalip Madura United dan Persipura Jayapura.

Jelas, menghadapi Persib bisa menjadi kesempatan buat tim berjuluk Juku Eja itu untuk kembali ambil tempat ketiga sambil melihat celah peluang juara. Terlebih, menghadapi Persib, PSM belum pernah alami kekalahan di kandangnya.

Dari empat kesempatan, mereka dua kali menang dan dua imbang kontra tim asal Kota Kembang tersebut. Apalagi, faktanya Persib datang ke Makassar dengan torehan minor dengan raih hasil imbang kelima secara beruntun di Liga 1.

Kondisi ini jelas bisa dimanfaatkan pasukan Robert Rene Alberts. Lini serang mereka juga sangat dinamis. Andai Ferdinand Sinaga atau Pavel Puryshkin mentok, ada Wiljan Pluim yang bisa mengintai dan cetak gol.

Pluim patut diperhatikan. Sebab, dalam lima pertandingan terakhir, dia terlibat dalam empat gol PSM, dengan cetak tiga gol serta satu assist. Hal ini jelas bisa jadi senjata PSM untuk tundukkan Persib di Makassar.

"Kami sudah melupakan kekalahan di markas Borneo FC. Saatnya sekarang PSM kembali ke jalur juara. Mungkin kami harus waspadai Persib yang konsisten dalam penyerangan," ujar Robert Alberts.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Pertemuan

Meski demikian, Maung Bandung jelas datang jauh-jauh bukan untuk dikalahkan. Faktanya, meski tak pernah menang di Makassar, mereka unggul secara rekor pertemuan lawan PSM dengan raih lima kemenangan, berbanding dua milik PSM, sedang tiga lainnya imbang.

Persib juga datang ke Makassar membawa misi sudahi dahaga kemenangan dalam lima laga secara beruntun. Terlebih, Persib punya rekor bagus melawan Robert Alberts.

Selama menukangi Arema dan PSM, ia sama sekali belum memenangi laga lawan Persib. Dalam empat kesempatan lawan Persib, pelatih asal Belanda itu cuma meraih sekali imbang dan tiga kekalahan.

Enzechiel N'Douassel juga bisa diandalkan dalam laga nanti. Dalam enam pertandingan terakhir, kapten Timnas Chadi itu juga tokcer dengan terlibat dalam lima gol dengan tiga gol plus dua assist.

"Empat kali hasil imbang di pertandingan kandang bukan target maksimal. Kami tidak mau berpikir ke bawah, kami mau ke atas sehingga meraih hasil maksimal di sana (Makassar)," Ujar Pelatih Fisik Persib, Yaya Sunarya yang akan dampingi tim di Makassar.

Fakta Pertandingan:

- PSM menjadi salah satu tim yang belum terkalahkan di kandangnya. Hebatnya, cuma Barito Putera yang berhasil curi poin di sana. Sisanya, laga dimenangkan oleh Juku Eja.

- Kolektivitas gol mereka juga berbahaya. Dalam 13 pertandingan, PSM sudah kemas 31 gol alias 2,38 gol tiap laganya.

- Selain lihai cetak gol, pertahanan Juku Eja juga patut diacungi jempol tiap main kandang. Mereka baru kebobolan enam gol dari 13 laga, dan rebut 7 clean-sheet.

- Persib sendiri acap kurang panas di Liga 1. Mereka cuma cetak satu gol pada 15 menit pertama dalam 27 laga yang sudah dijalani.

- Rekor Persib di tandang juga tak terlalu baik. Dari 13 kesempatan, mereka cuma raih 11 poin saja dengan dua kemenangan, lima imbang, dan enam kekalahan.

Head to Head PSM Makassar vs Persib Bandung

05/07/2017 Persib Bandung 2 – 1 PSM Makassar

06/02/2017 Persib Bandung 1 – 0 PSM Makassar

29/10/2016 PSM Makassar 2 – 2 Persib Bandung

02/07/2016 Persib Bandung 3 – 2 PSM Makassar

30/05/2010 Persib Bandung 2 – 0 PSM Makassar

3 dari 3 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

Lima Pertandingan Terakhir PSM Makassar

08/10/2017 Borneo FC 3 – 2 PSM Makassar

02/10/2017 PSM Makassar 4 – 0 Semen Padang

27/09/2017 Persipura Jayapura 0 – 0 PSM Makassar

22/09/2017 PSM Makassar 5 – 1 Gresik United

17/09/2017 Sriwijaya FC 3 – 4 PSM Makassar

Lima Pertandingan Terakhir Persib Bandung

09/10/2017 Persib Bandung 0 – 0 Barito Putera

01/10/2017 Balikpapan 2 – 2 Persib Bandung

24/09/2017 Persib Bandung 1 – 1 Bhayangkara FC

21/09/2017 Persib Bandung 0 – 0 Bali United

09/09/2017 Persib Bandung 2 – 2 Semen Padang

Prakiraan Susunan Pemain:

PSM Makassar: Rivki Mokodompit, Steven Paulle, Hamka Hamzah, Wasyiat Hasbullah, Reva Adi Utama, Willem Jan Pluim, Syamsul Bachri Haeruddin, Ferdinand Sinaga, Rizky Pellu, Muhammad Rahmat, Pavel Purishkin.

Persib Bandung: M Nastir, Tony Sucipto, Achmad Jufriyanto, Vladimir Vujovic, Supardi, Kim Jeffrey Kurniawan, Michael Essien, Atep, Febri Hariyadi, Matsunaga Shohei, Ezechiel N'Duoassel. (Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.