Sukses

MotoGP 2018: Rider Spanyol Kembali Mendominasi

Musim depan, Spanyol menjadi negara dengan wakil terbanyak di kelas MotoGP.

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP kini jadi olahraga yang sangat diminati masyarakat Spanyol. Tren itu sudah terbentuk sejak tujuh tahun lalu. Tak hanya itu, pembalap Spanyol pula yang mendominasi takhta gelar juara sejak edisi 2010.

Tercatat, hanya satu musim di mana bukan pembalap Spanyol yang menjadi juara dunia MotoGP sejak musim 2010. Itu adalah saat di mana Casey Stoner merebut gelar juara dunia MotoGP 2011. Selain Stoner, gelar hanya diperebutkan dua pembalap Spanyol.

Ya, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez secara bergantian merebut takhta juara dunia. Lorenzo meraihnya pada musim 2010, 2012, dan 2015. Sedangkan Marquez mendapatkannya pada musim 2013, 2014, dan 2016, bahkan berpeluang besar di musim 2017.

Tren itu tampaknya bakal bertahan di MotoGP 2018. Itu karena Spanyol masih menjadi penyumbang terbanyak pembalap di kelas MotoGP. Total ada sembilan pembalap yang dipastikan meramaikan MotoGP 2018.

Selain Marquez dan Lorenzo, tujuh pembalap lainnya adalah Dani Pedrosa, Maverick Vinales, Tito Rabat, Alex Rins, Aleix Espargaro, Pol Espargaro, dan Alvaro Bautista. Negara penyumbang terbanyak kedua adalah Italia dengan kehadiran Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, Andrea Iannone, dan Franco Morbidelli.

Selanjutnya, Inggris menempati urutan ketiga dengan kehadiran Cal Crutchlow, Scott Redding, dan bradley Smith. Johann Zarco dari Yamaha Tech 3 menjadi satu-satunya wakil Prancis. Begitu juga dengan rekan setimnya, Jonas Folger yang menjadi wakil tunggal Jerman.

Sebelum MotoGP Aragon 2017 digulir, musim depan dipastikan dengan kehadiran wakil Belgia, Xavier Simeon yang memperkuat Avintia. Jack Miller mewakiliki Australia dan Karel Abraham mewakiliki Republik Ceko. Dan menjadi satu-satunya wakil Jepang sekaligus Asia adalah rookie Takaaki Nakagami dan akan menjadi rekan setim Crutchlow di LCR Honda.

Artinya, akan ada 24 pembalap dari 10 negara berbeda yang meramaikan MotoGP 2018. Jumlah itu meningkat dibandingkan musim 2017 yang hanya diramaikan pembalap dari tujuh negara. Persentasenya adalah Spanyol 37,5%, Italia (20,8%), Inggris (12,5%), dan 4,1% masing-masing dari Jerman, Prancis, Australia, Rep Ceko, Belgia, Jepang, dan Swiss.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Pembalap di MotoGP 2018

Repsol Honda: Marc Marquez, Dani Pedrosa

Movistar Yamaha: Valentino Rossi, Maverick Vinales

Ducati: Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo

Suzuki: Andrea Iannone, Alex Rins

Aprilia: Aleix Espargaro, Scott Redding

KTM: Pol Espargaro, Bradley Smith

Marc VDS: Franco Morbidelli, Tom Luthi

Tech 3: Johann Zarco, Jonas Folger

Pramac: Danilo Petrucci, Jack Miller

Avintia: Tito Rabat, Xavier Simeon

Aspar: Alvaro Bautista, Karel Abraham

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.