Sukses

Agar Vinales Juara MotoGP, Rossi Bakal Mengalah

Berbeda dengan Vinales, Rossi sudah tak memiliki peluang menjadi juara dunia MotoGP 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Satu-satunya pembalap Yamaha yang masih memiliki peluang meraih gelar juara dunia MotoGP 2017 adalah Maverick Vinales. Meski kesempatannya sangat minim, bukan tak mungkin bakal terjadi sesuatu mengejutkan di empat balapan tersisa.

Saat ini pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjadi kandidat kuat juara dunia MotoGP 2017. Usai balapan MotoGP Aragon 2017, 24 September, pembalap berjuluk The Baby Alien itu mulai meninggalkan para pesaing.

Kini, Marquez mengoleksi 224 poin dari 14 balapan. Ia unggul 16 poin atas pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dan 28 poin atas Vinales. Adapun Valentino Rossi yang menempati urutan keempat dengan raihan 170 poin hampir pasti sudah tak memiliki peluang.

Pol Espargaro, pembalap KTM pun memprediksi Rossi bakal membantu Vinales untuk merebut takhta juara dunia dari tangan Marquez. Namun, hal itu belum bisa dipastikan mengingat Rossi juga memiliki ambisi besar dalam empat balapan terakhir.

"Saya tidak tahu, itu tergantung pada momennya. Tapi saya pikir ia akan membantu. Jika ada kesempatan, Valentino akan membantu Vinales. Mungkin ia melakukannya bukan untuk Vinales, tapi lebih kepada hubungannya dengan Yamaha," kata Espargaro, dilansir Tuttomotoriweb.

Sebelumnya, Yamaha juga sempat berkomentar mengenai aksi Rossi pada MotoGP Aragon. Saat itu, ia sempat menghalangi Vinales yang ingin merebut tempat empat. Meski akhirnya mampu menyalip Rossi, Vinales kehilangan banyak waktu untuk mengejar tiga pembalap terdepan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soal Team Order

Di Formula 1, ada sebutan team order di mana tim akan meminta salah satu pembalapnya untuk mengalah dan memberikan jalan kepada pembalap lainnya. Namun, hal itu jarang terjadi di MotoGP, bahkan tak pernah dilakukan Yamaha.

"Kami tak pernah melakukannya di masa lalu dan kami belum mempertimbangkannya sekarang. Mungkin kami akan memberi tahu Valentino agar tidak terlalu sering menghalangi Maverick," kata manajer tim Yamaha, Maio Meregalli.

Jika melihat situasi saat ini, tampaknya Yamaha juga akan meminta Rossi untuk membantu Vinales dalam empat balapan terakhir. Pasalnya, satu-satunya jalan agar Vinales menjadi juara dunia adalah merebut kemenangan di empat balapan dan berharap Marquez serta Dovizioso terpeleset.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.