Sukses

MotoGP: Fairing Baru, Lorenzo Siap Kembali Bersaing

Lorenzo langsung mendapatkan hasil positif pada latihan bebas pertama MotoGP Ceko 2017.

Liputan6.com, Brno - Asa baru menghinggapi Jorge Lorenzo, pembalap Ducati, jelang balapan MotoGP Republik Ceko 2017 di Sirkuit Brno, Minggu (6/7/2017). Itu karena Ducati telah menemukan inovasi baru untuk menghadapi paruh kedua musim.

Pada paruh pertama MotoGP 2017, rapor Lorenzo jauh dari yang diharapkan. Padahal, Ducati melakukan investasi besar dalam perekrutan Lorenzo dari Yamaha. Sayang, pembalap asal Spanyol itu tak kunjung menemukan kecepatan terbaiknya.

Ia harus mengakhiri musim dengan duduk di urutan kesembilan klasemen MotoGP. Pembalap berusia 30 tahun itu baru meraih 65 poin dari sembilan balapan. Ia sekali gagal finis, tiga kali di luar 10 besar, dan tiga kali di luar lima besar. Hanya podium ketiga MotoGP Spanyol menjadi pencapaian terbaiknya.

Karenanya, Ducati berharap Lorenzo bisa memperbaiki penampilannya di sisa musim ini. Mereka pun sudah melakukan terobosan untuk membantu Lorenzo. Dalam hal ini adalah inovasi mereka soal fairing baru untuk X-Fuera.

"Kami berencana untuk menggunakannya. Jika kami memilikinya, akan lebih baik mencobanya sesegera mungkin. Jadi Anda punya banyak waktu untuk melakukan perubahan. Saya sangat menyukai stabilitas di bagian depan. Semoga fairing ini bisa membawa saya mendekati barisan depan," kata Lorenzo, dikutip Crash.



Sejak penggunaan sayap dilarang pada MotoGP 2017, Ducati memang memusatkan upayanya dalam pembuatan fairing. Tujuannya adalah membuat fairing dengan fokus pada downforce agar motor memiliki lebih banyak keseimbangan, baik saat tikungan maupun lintasan lurus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langsung Kompetitif

Fungsi fairing baru pun hampir sama dengan sayap atau winglet. Kebetulan, sayap pula yang membuat Ducati memiliki rapor bagus sejak akhir musim lalu. Dalam tes pramusim pun mereka begitu cepat dengan penggunaan sayap.

"Di Valencia, kami melakukan tes dengan sayap dan saya merasa sangat berbeda dengan Yamaha, tapi saya merasa cukup hebat. Kebetulan Bruno adalah tempat di mana saya bisa merasa sangat nyaman. Banyak kenangan manis yang pernah saya dapat," jelas Lorenzo.

Tanpa butuh waktu lama, Lorenzo langsung memperlihatkan tanda-tanda positif. Pada latihan bebas pertama MotoGP Ceko, secara mengejutkan Lorenzo menempati posisi ketiga. Ia hanya terpaut 0,081 detik dari Johann Zarco.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.