Sukses

MotoGP Jerman: Tikungan 11 Sachsenring Dinilai Berbahaya

Pada sesi latihan bebas MotoGP yang berlangsung Jumat (30/6/2017), ada empat pembalap yang terjatuh di tikungan ke-11.

Liputan6.com, Sachsenring - Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow menyebut desain Sirkuit Sachsenring, Jerman, lintasan yang akan menggelar MotoGP pada Minggu (2/7/2017) sangat berbahaya. Menurutnya, ada satu tikungan yang membahayakan bagi pembalap.

Pada sesi latihan bebas MotoGP yang berlangsung Jumat (30/6/2017), ada empat pembalap yang terjatuh di tikungan ke-11, yakni Andrea Iannone, Scott Redding, Alvaro Bautista dan Tito Rabat. Tikungan 11 ini merupakan belokan ke kanan yang dikombinasikan dengan turunan.

"Seseorang akan terluka parah (di tikungan ke-11). Sekarang sangat berbahaya. Sederhana saja, jika kami hanya berjarak dua persen dari camber (pinggiran lintasan), maka pembalap akan membuka gas lebih banyak 0,2 persen, tapi itu membahayakan," ucap Crutchlow, dikutip dari Crash.

"Pada balapan nanti, Anda pasti melihat banyak kecelakaan yang terjadi, mungkin lebih banyak dari tahun lalu. Anda lihat pada hari Jumat, ada motor yang terbang di udara (milik Scott Reading) dan pengawas tidak mendengarnya," ujar pria asal Inggris tersebut.

Crutchlow menambahkan, tikungan ke-11 di Sirkuit Sachsenring tidak hanya membahayakan pembalap. Pengawas balapan yang berada di pinggir lintasan juga bisa menjadi korban.

"Pengawas tidak bisa melihat ada motor yang datang ke arah mereka. Saya tidak mau mengeluh, tapi ini... (sangat berbahaya)," kata pembalap MotoGP berusia 31 tahun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.