Sukses

Bukan Pogba, Ini 5 Gelandang yang Kejutkan Eropa Musim Ini

Gelandang-gelandang ini mampu menginspirasikan tim yang dibelanya sehingga bisa merebut kemenangan.

Liputan6.com, Jakarta Posisi gelandang bisa dikatakan paling vital di lapangan seperti yang dijalankan Paul Pogba di MU. Mereka biasanya jadi sosok krusial dalam mengatur gaya bermain dan mengendalikan arus permainan. Ada lima nama yang sukses menggetarkan Eropa musim 2016-17 ini.

Musim ini, semua liga top Eropa telah menyaksikan banyak gelandang luar biasa yang memukau. Si pemain berhasil menjadi penghubung antara serangan dan pertahanan bahkan sering mematahkan serangan lawan.

Bahkan, beberapa di antaranya masih berusia muda dan datang dari klub yang awalnya tak diperhitungkan. Gelandang RB Leipzig, Emil Forsberg contohnya sama sekali tak pernah masuk hitungan, tapi bisa mengejutkan musim ini.

Gelandang Swedia ini berhasil menggetarkan Bundesliga. Dia punya set-piece mematikan. Buktinya, tujuh gol dan 12 assists dalam 23 pertandingan sudah sangat sahih untuk membawa Leipzig lolos ke Liga Champions musim depan.

Ada lima gelandang lain yang lebih baik dari Forsberg musim ini. Penasaran? Berikut kami sajikan daftarnya dikutip dari Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Dele Alli (Tottenham Hotspur)

Alli memang dalam beberapa musim terakhir sukses menggila di Liga Inggris. Buktinya, dia berhasil dua kali menjadi pemain terbaik di Britania Raya.

Tak berlebihan memang. Sebab, gelandang 21 tahun itu berhasil mengemas 16 gol di Liga Inggris musim ini. Dia dianggap jadi salah atu gelandang terbaik dunia.

Bahkan, Alli dianggap bisa saja lebih apik dari pemain termahal saat ini, Paul Pogba. Dele Alli sangat inspirasional musim ini sehingga bosnya, Mauricio Pochettino berpikir bahwa pemain asli Inggris itu bisa menjadi sebaik Neymar di masa depan.

Tottenham beruntung dapatkan Alli. Itu karena pemain ini dibeli murah dari klub Championship, Milton Keynes Dons.

3 dari 6 halaman

4. Eden Hazard (Chelsea)


Superstar Chelsea, Eden Hazard sekali lagi menunjukkan musim ini sebagai panggungnya. Dipuji untuk menjadi pemenang Ballon d'Or masa depan, Hazard telah menunjukkan kelasnya dan  menjadi pemain paling menonjol untuk Chelsea saat ini.

Statistik Hazard musim ini benar-benar luar biasa di Liga Inggris. Dengan 15 gol dan 5 assist, gelandang serang Belgia itu berkali-kali muncul dengan kontribusi penting dalam pertandingan besar.

Mampu memperdaya bek lawan dengan mudah dan menyiapkan peluang untuk rekan satu timnya, Hazard acap membuat umpan terobosan tinggi di Liga Inggris. Real Madrid dikatakan putus asa untuk mendatangkan pemain berusia 26 tahun itu tanpa iming-iming rekor transfer dunia.

4 dari 6 halaman

3. Toni Kroos (Real Madrid)


Mungkin pemain Real Madrid yang paling konsisten musim ini adalah Toni Kroos. Dia telah memukau dan menggetarkan Eropa dengan ketenangannya untuk mengatur permainan klub sebesar Madrid.

Dia menjadi salah satu pemain terbaik di La Liga musim ini. Betapa tidak, gelandang Jerman itu memiliki 11 asssits dan akurasi yang luar biasa, yakni 92%.

Dengan mudah menjadi gelandang terbaik di La Liga saat ini, Kroos benar-benar mengalahkan beberapa nama terkenal seperti Luka Modric, Andres Iniesta dan Ivan Rakitic. Real Madrid akan berharap bahwa master pass asal Jerman itu terus tampil di level yang sangat tinggi hingga akhir musim.

5 dari 6 halaman

2. Thiago Alcantara (Bayern Muenchen)

Lulusan akademi Barcelona tersebut benar-benar jadi jantung permainan Die Rotten. Thiago seperti mendikte permainan untuk Bayern dan sering menjadi penghubung antara serangan dan pertahanan tim.

Pada Bundesliga musim ini, Thiago telah menunjukkan betapa lengkap permainannya. Dia punya kontribusi dalam penyerangan tim dengan 5 gol dan 5 assists, dengan akurasi umpan 90%.

Untuk pertahanan? Jangan ditanya. Pemain Spanyol itu telah melakukan 115 interceptions, alias tertinggi di Bundesliga. Dia juga punya 47 tackling sejauh ini, Thiago telah menjadi gelandang paling lengkap di dunia sepakbola musim ini.

Barcelona benar-benar akan menyesali fakta bahwa pernah melepaskan Thiago di tahun 2013. Kini sulit bagi Barcelona untuk membawa pulang Thiago dalam waktu dekat.

6 dari 6 halaman

1. N’golo Kante (Chelsea)

Dengan dimahkotai sebagai Pemain Terbaik PFA Tahun ini, N'golo Kante tidak diragukan lagi sebagai gelandang terbaik dan paling efektif di dunia musim ini. Siap untuk merebut kembali gelar liga dengan klub yang berbeda, pemain Prancis itu telah menjadi salah satu sosok krusial untuk Chelsea musim ini.

Kemampuan Kante di tengah sangat penting. Dia juga sering maju ke depan dengan bola di kakinya sehingga menciptakan banyak peluang bagi Chelsea musim ini. Ketenangan Kante terhadap permainan tidak ada duanya. Patut diingat, dia memimpin daftar untuk pertandingan terbanyak di Liga Inggris tahun ini.

Setelah sangat meningkatkan gaya bermain menyerangnya juga di bawah Antonio Conte, Kante tidak diragukan lagi merupakan pemain tengah terbaik di sepak bola Eropa musim ini. Pemain Prancis itu sekarang benar-benar diakui sebagai superstar sepak bola di seluruh dunia.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.