Sukses

Profil Tim Liga 1, Persela Lamongan: Usung Semangat 2011/12

Persela Lamongan coba bidik papan atas di Liga 1.

Liputan6.com, Jakarta Persela Lamongan tak dipungkiri menjadi salah satu klub asal Jawa Timur yang terus berusaha tunjukkan konsistensi di kancah sepak bola nasional. Sudah terbentuk sejak 50 tahun lalu, klub berjulukan 'Laskar Joko Tingkir' ini mencoba untuk selalu eksis meski belum beruntung jadi juara.

Di Liga 1 2017, Persela Lamongan memang masih boleh disebut tim papan tengah. Sejak terjun di kompetisi level teratas pada 2004 (Divisi Utama), Persela hanya mampu berada di posisi 10 besar.

Prestasi terbaik terjadi saat Indonesia Super League musim 2011/12. Saat itu, Persela sukses rebut posisi keempat klasemen. Pada musim yang dijuarai Sriwijaya FC itu, Persela punya pemain-pemain bagus seperti Gustavo Lopez, Taufiq Kasrun, Rudi Widodo, I Gede Sukadana dan Suroso.

Berkat polesan eks pelatih Arema, Miroslav Janu, Persela mampu menuai prestasi terbaik di kompetisi terelite di Indonesia yang kini bernama Liga 1 itu. Barangkali, semangat seperti itu yang diusung Persela di Liga 1 2017.

Sayang, Persela yang kini diasuh Hery Kiswanto belum bisa langsung tancap gas. Pada laga perdana melawan PSM Makassar, Minggu (16/4/2017), Persela kalah 1-3.

Saat launching tim pada 14 April lalu, Persela perkenalkan 26 pemain yang akan memperkuat tim di Liga 1. Bupati Lamongan, Fadeli berharap Persela bisa masuk papan atas musim ini.

" Dengan dukungan LA Mania dan Curva Boys, Persela diharapkan bisa berjaya. Mohon doa dan dukungan suporter tahun ini Persela bisa masuk papan atas," ujar Fadeli.

"Sejak berdiri 1967 mulai Divisi 2,  Divisi 1 hingga Super Liga, sampai tahun ini Persela belum pernah turun kasta," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilar Lama

Salah satu kekuatan yang dimiliki Persela dalam mengarungi Liga 1 yaitu masih bertahannya pilar lama dalam tim. Siapapun tahu kiper dan kapten Persela, Choirul Huda akan habiskan kariernya di tim ini.

Kiper berusia 37 tahun ini begitu setia di Persela. Sejak masih divisi 2 pada 1999 hingga Liga 1 pada 2017, posisi Choirul Huda tak pernah tergeser. Tak dipungkiri, dia bakal jadi pilar yang memberi kepercayaan tersendiri bagi Laskar Joko Tingkir dalam menghadapi Liga 1.

Lalu ada pula Taufiq Kasrun, Eky TAufik dan Zainul Arifin yang masih setia berkostum biru muda. Mereka diharapkan bisa membina buat pemain muda atau pemain anyar yang baru bergabung.

Selain pilar lama, Persela juga kedatangan pemain lama rasa baru, Samsul Arif. Eks Persib ini sudah lama tinggalkan Persela dan kini kembali dengan Laskar Joko Tingkir.

Ketajaman Samsul Arif diharapkan bisa membantu Persela rebut target yang dibebani manajemen. Selain Samsul, kehadiran Marquee Player, Jose Coelho diharapkan bisa buktikan diri di sepak bola Indonesia.

3 dari 3 halaman

Skuat Lengkap


Berikut skuat lengkap Persela di Liga 1 2017:

Penjaga Gawang:

Choirul Huda
Ferdiansyah
Alexander

Belakang:

Samsul Arifin
Taufiq Kasrun
Zainal Haq
Birrul Walidain
Marcio Rozario
Aang Suparman
Eky Taufik
Rio Pratama Valentino

Tengah:

Edy Gunawan
Zainal Arifin
Juan Revi Auriqto
Eka Ramdani
Agung Pribadi
Kosuke Yamazaki Uchida
Bobby Wirawan
Sandi Septian
Saddil Ramdani

Depan:

Samsul Arif Munip
Ivan Carlos Franca
Ahmad Nur Hardianto
Fahmi Al Ayyubi
Bima Nizard Nandaka
Jose 'Coelho' Manuel Barbosa Alves (Marquee Player)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.