Sukses

Insiden Essien Kejar Yabes Roni Tersiar Hingga ke Ghana

Liputan6.com, Jakarta Insiden memalukan mewarnai jalannya duel persahabatan Persib Bandung melawan Bali United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GLBA), Sabtu (8/4/2017). Michael Essien yang marah nyaris menghajar salah satu pemain lawan, Yabes Roni pada menit ke-72. 

Kejadian ini berawal saat Yabes yang berada di daerah pertahanan Persib Bandung tiba-tiba menendang bola ke arah Essien dan mengenai kakinya. Tidak senang dengan perbuatan Yabes, Essien pun berusaha mengejar mantan striker timnas U-19 tersebut. 

Aksi kejar-kejaran berlangsung beberapa detik. Eks pemain Chelsea itu kembali marah dan menunjuk kearah Yabes saat para pemain Bali United berusaha menenangkannya. 

Suasana akhirnya mereda setelah wasit dan beberapa pemain Persib ikut meredakan amarah Essien. Akibat kejadian ini, kedua pemain dikartu kuning wasit. Sial bagi Yabes, itu merupakan kartu kuning keduanya sehingga dia harus meninggalkan lapangan. 

Persib akhirnya kalah dengan skor 1-2. Dua gol Bali United dicetak oleh Irfan Bachdim dan Yabes Roni. Sedangkan satu-satunya gol Persib lahir dari kaki Raphael Maitimo.

Aksi kejar-kejaran Essien dan Yabes ternyata tidak tersiar di Indonesia. Kabar memalukan ini juga sampai ke kampung halaman Essien di Ghana. Sebab salah satu media olahraga ternama di sana, ghanasoccernet.com, juga ikut memberitakan. 

"Video: Eks pemain Chelsea, Michael Essien coba menghajar lawan yang kasar di laga Indonesia," tulis media yang beralamat di New Achimota, Accra, Ghana itu. 

Di badan berita, ghanasoccernet.com menulis kejadian itu mirip anak TK yang tengah bermain kejar-kejaran di lapangan. Yang membuat adegan itu semakin kocak adalah ketika Roni yang menyadari dikejar Essien tampak ngacir karena ketakutan. Tidak lupa, media olahraga asal Ghana itu juga mengunggah video memalukan tersebut. 

Kata Yabes Roni

Yabes Roni sendiri sudah angkat bicara mengenai kejadian itu. Dia mengaku tidak sengaja menendang bola ke arah Essien. 

"Jujur saya sama sekali tidak ada kesengajaan untuk menendang bola ke arah Essien. Saya hanya refleks untuk membuang bola," kata Yabes kepada situs resmi Bali United.

Dia juga membantah berusaha mencederai Essien. Sebaliknya, dia beralasan hanya berusaha menghentikan serangan Persib yang semakin gencar saat Bali United unggul 2-0. (Baca juga berita: Yabes Roni Bicara Konfliknya dengan Essien).

 

Loading