Sukses

Bukan Pogba, Mkhitaryan Pembelian Terbaik MU Musim Ini?

Mkhitaryan dibeli MU dengan harga yang tidak murah.

Liputan6.com, Manchester - Jose Mourinho sangat ngotot untuk mendapatkan Henrikh Mkhitaryan ke MU musim panas lalu. Dan keputusan manajer asal Portugal itu terbukti sangat tepat.

Mkhitaryan dibeli MU dengan harga yang tidak murah. Ia ditebus dari Borussia Dortmund dengan uang sebesar 30 juta pounds.

MU mengontraknya hingga empat tahun, sekaligus menjadikannya pemain Armenia pertama yang berkarier di Liga Inggris. Awalnya, Mourinho tak pernah menjadikannya sebagai pemain inti.

Bahkan ia sempat menjadi penonton saja dalam 10 laga MU meski tidak mengalami cedera. Ia baru menjadi starter di Liga Inggris saat derby Manchester, 10 September 2016. Sayangnya, penampilannya kurang menawan dan membuat Mourinho mengganrinya saat jeda.



Peruntungan baru memihak Mkhitaryan pada bulan Desember. Ia mampu mencetak gol perdananya bagi MU saat bertandang ke markas Zorya di Liga Europa.

Tiga hari kemudian, dia kembali menjadi pahlawan Setan Merah. Mkhitaryan mencetak gol tunggal kemenangan MU atas Tottenham Hotspur di Liga Inggris.

Namun setelah laga itu pemain yang akrab disapa Micki itu harus absen dalam dua laga karena cedera. Beruntung cederanya tidak terlalu parah dan ia bisa bermain melawan Sunderland jelang tahun baru.



Laga ini menjadi salah satu yang terbaik bagi Mkhitaryan. Ia mencetak gol ala kalajengking yang disebutnya paling indah sepanjang karier.

"Mkhitaryan punya ambisi besar untuk beradaptasi ketika berada dalam situasi sulit. Dia melakukan hal itu dengan cara terbaik," ucap Mourinho beberapa waktu lalu.



Mkhitaryan kembali menunjukkan aksinya saat leg pertama babak 16 besar Liga Europa melawan Rostov dinihari WIB tadi. Ia menyumbang satu-satunya gol MU dan memperbesar peluang ke babak selanjutnya.

"Dia berjuang untuk meningkatkan segalanya, fisik, taktik, hingga sekarang sudah bisa bermain bagus di Liga Inggris, Liga Europa, hingga Piala Liga Inggris. Perkembangannya membuat saya sangat senang," kata Mourinho menegaskan.

Yang jelas sejauh ini performa Mkhitaryan masih sebanding dengan pemain termahal MU, Paul Pogba. Didatangkan dari Juventus dengan uang tiga kali lipat dibandingkan Micki, Pogba baru menyumbang tujuh gol dari 39 laga. Sementara Micki menyumbang jumlah gol yang sama namun dari 25 laga saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Henrikh Mkhitaryan adalah pemain sepak bola profesional posisi gelandang di klub Inggris Manchester United.
    Henrikh Mkhitaryan adalah pemain sepak bola profesional posisi gelandang di klub Inggris Manchester United.

    Henrikh Mkhitaryan

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris