Sukses

Jacksen: Barito Putera Kurang Naluri Mencetak Gol

Barito Putera harus puas bermain imbang 0-0 lawan PBFC.

Liputan6.com, Bali - Barito Putera harus puas bermain tanpa gol kala berhadapan dengan Pusamania Borneo FC (PBFC) di laga Grup D Piala Presiden 2017, Selasa (7/2/2017). Menurut Pelatih Barito, Jacksen F. Tiago, timnya kurang naluri mencetak gol.

Jacksen mengakui, di babak pertama anak asuhnya sempat kerepotan meladeni agresivitas Asri Akbar dan kawan-kawan. Namun, di babak kedua, para pemain Barito dapat bangkit dan menciptakan peluang.

Dia juga mengomentari longgarnya lini tengah tim berjulukan Laskar Antasari itu di paruh pertama. Namun, evaluasi dilakukan dan kreasi lini tengah Barito di babak kedua lebih variatif.

"Babak kedua ada peningkatan. Kami banyak menciptakan peluang. Ini pertandingan perdana, saya mengandalkan naluri pemain untuk mencetak gol di depan gawang lawan. Kami akui hal itu masih kurang," ucap Jacksen usai pertandingan, Selasa (7/2/2017).

Pelatih asal Brasil ini memaklumi situasi timnya saat ini. Sebab, selama ini materi latihan Barito Putera memang dititikberatkan di lini pertahanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Salahkan Pemain

"Kami tidak akan menyalahkan pemain. Materi yang kami sampaikan di latihan memang kurang. 85 persen materi latihan kami fokuskan kepada sektor pertahanan. Saya tadi lebih mengandalkan naluri pemain. Minggu ini lebih diasah, dititiktekankan pada sektor penyerangan. Materi latihan akan lebih ke sana, ke striker," tutur dia.

Meski begitu, Jacksen mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya. Ia optimistis di pertandingan berikut Barito Putera akan semakin solid. "Penampilan anak-anak cukup menjanjikan. Kami punya catatan. Pertandingan berikut akan ada peningkatan lagi. Pertandingan tadi berjalan menarik. Harapan saya lebih bagus di pertandingan kedua," ucap Jacksen.

"Yang jelas ada persoalan mencetak gol di depan gawang. Itu harus kami ubah. Bukan hanya striker saja, tapi seluruh sistem bermain harus kita evaluasi," tambah mantan pelatih Persebaya Surabaya ini.

Sementara penjaga mistar Barito Putera, Shahar Ginanjar mengaku rekan-rekannya bermain baik dan disiplin di semua lini. "Ini pertandingan perdana kami. Kami tidak terlalu mencari target. Kami bertanggungjawab antar-posisi. Daya juang kami mempertahankan posisi masing-masing cukup baik. Kami bermain sudah bagus meski tidak tercipta gol," jelas Shahar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini