Sukses

Tim Proliga Diminta Lengkapi Daftar Nama Pemain

Para tim peserta Proliga 2017 diharapkan menyerahkan daftar nama pemain sehari sebelum pembukaan, yakni 26 Januari mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Tim-tim peserta diharapkan sudah menyerahkan daftar nama pemain sehari sebelum pembukaan Proliga 2017 pada 27 Januari mendatang, yakni pada pertemuan teknik (technical meeting) di Malang. Kompetisi bola voli kasta tertinggi di Indonesia itu akan dimulai di GOR Ken Arok Malang, 27-29 Januari mendatang.

"Tidak harus menunggu sehari sebelumnya. Dari sekarang pun sudah bisa melengkapi daftar pemainnya," kata Direktur Proliga Hanny S. Sukarty di Jakarta, Minggu (15/1/2017).

Seluruh peserta, lanjut pria yang juga menjabat Ketua V Bidang Pertandingan dan Kompetisi PP PBVSI itu, sudah menyerahkan setidaknya 12 pemain saat seri di Malang. Sebelum ini, tim-tim peserta baru menyerahkan tujuh nama pemain.

Di kompetisi yang ke-16 ini, setiap tim boleh mendaftarkan 15 pemain, termasuk pemain asing. Untuk pemain asing, maksimal dua pemain atau setidak-tidaknya satu pemain dalam satu musim kompetisi. Selain itu, setiap tim boleh mengganti tiga pemain menjelang putaran kedua atau selesai putaran pertama.

"Tiga pemain yang baru masuk itu dua pemain lokal dan satu pemain asing. Tapi, kalau pemain asing tak diganti, jatah pemain pengganti tiga orang," papar Hanny.

Seperti diketahui, Proliga tahun ini akan diikuti tujuh tim putri dan enam putra. Ketujuh tim putri antara lain Jakarta Elektrik PLN, Jakarta Pertamina Energi, Gresik Petrokimia, Jakarta PGN Popsivo Polwan, Batam Sindo BVN, Jakarta BNI 46, dan Bandung Bank BJB. Sedangkan tim putra diikuti Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Energi, Palembang Bank SumselBabel, Batam Sindo BVN, serta Jakarta Elektrik PLN.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kitas dan ITC

Wakil Direktur Proliga Reginald Nelwan mengatakan semua pemain asing yang akan tampil diwajibkan untuk memiliki Kartu Ijin Tinggal Sementara (Kitas) yang dikeluarkan Dirjen Imigrasi RI. Selain itu, mereka juga harus membayar ITC (International Transfer Certificate/Sertifikat Transfer Internasional) kepada FIVB.

"Tanpa Kitas dan ITC, pemain asing tidak diperkenankan bermain pada Proliga 2017 ini. Makanya kami imbau setiap harus melengkapinya sebelum tampil," ucap Regi.

Proliga 2017 akan berlangsung di delapan kota. Delapan kota itu adalah Malang (27-29 Januari), Palembang (3-5 Februari), Batam (10-12 Februari), Gresik (3-5 Maret), Surabaya (10-12 Maret), Malang (17-19 Maret). Final four I dilangsungkan di Solo (7-9 April), final four II di Bandung (14-16 April) dan final di Yogyakarta (23 April).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini