Sukses

Indonesia Tekuk Thailand, Intip Aksi Fans yang Bikin Merinding

Indonesia berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 pada leg pertama final Piala AFF 2016.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia menempatkan satu kaki di podium juara Piala AFF 2016 setelah mengalahkan timnas Thailand 2-1 pada leg pertama final, Rabu (14/12/2016). Pada pertandingan ini, puluhan ribu suporter hadir untuk memberi dukungan kepada Boaz Solossa dan kawan-kawan.

Sejak pagi, Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, yang menjadi arena pertempuran telah dipenuhi para penonton. Mereka datang lebih awal agar lebih mudah masuk stadion. Beragam atribut berbau timnas dibawa, mulai dari bendera, poster, hingga topi warna merah putih.

Animo penonton sebenarnya sudah terlihat saat penjualan tiket resmi dibuka. Sebanyak 15 ribu tiket yang dijual secara offline alias lewat loket ludes hanya dalam hitungan jam. Itu juga masih ada ada ribuan pendukung timnas yang mengantre sejak malam tidak kebagian. Penjualan secara online juga setali tiga uang. Hanya dalam waktu sekejap, belasan ribu tiket yang tersedia sudah habis terjual.

Beragam atraksi juga diperagakan para penonton selama laga berlangsung. Namun yang paling fenomenal tentu saja pengibaran bendera Merah Putih raksasa yang menutupi tribun timur, utara, dan selatan. Semua dilakukan untuk satu tujuan: membangkitkan semangat timnas Indonesia. Nyanyian "Indonesia Raya" yang berkumandang di awal laga juga membuat siapa pun yang menyaksikannya ikut merinding. 

Perjuangan supoter Indonesia yang hadir di Pakansari akhirnya terbayar. Teriakan dan nyanyian yang mereka kumandangkan diganjar kemenangan oleh Skuat Garuda. Sempat tertinggal 0-1 di babak pertama, pasukan Alfred Riedl bangkit dan mengubah kedudukan jadi 2-1.

Satu kaki Garuda kini sudah berada di podium juara. Tinggal bagaimana Boaz Solossa dan kawan-kawan bisa mengamankan leg kedua yang akan berlangsung di Stadion Rajamangala, Thailand, Sabtu (17/12/2016). Dengan modal kemenangan di leg pertama, Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk mengakhiri paceklik gelar di turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut. Kekalahan dengan margin satu gol di luar skor 0-1 juga sebenarnya cukup mengantar Tim Merah Putih meraih gelar juara Piala AFF untuk kali pertama.

Ingin melihat serunya dukungan suporter Indonesia di leg pertama final Piala AFF 2016, silahkan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Tekuk Thailand 2-1

Bermain di depan publik sendiri, Indonesia sebenarnya sempat kebobolan di menit 33. Striker Thailand, Teerasil Dangda, yang lolos dari penjagaan berhasil melepaskan tandukan yang gagal dijangkau oleh penjaga gawang Kurnia Meiga. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Di babak pertama, petaka juga sempat menimpa Tim Garuda. Andik Vermansyah yang selama ini jadi andalan lini depan Tim Merah Putih mengalami cedera dan tidak mampu melanjutkan laga. Pemain kelahiran Jember itu lalu digantikan oleh Zulham Zamrun.

Memasuki menit ke-65, Stadion Pakanasari bergemuruh setelah tendangan Rizky Pora berhasil merobek jala Thailand. Selain menyamakan kedudukan, gol pemain Barito Putera itu juga mendongkrak semangat rekan-rekannya untuk menggempur pertahanan Gajah Perang. 

Hasilnya, berselang lima menit kemudian, Indonesia kembali menambah gol lewat Hansamu Yama Pranata. Tandukannya memanfaatkan umpan sepak pojok Rizky Pora jatuh di ruang kosong gawang Thailand. Gol ini disambut gembira seluruh pemain dan penonton.

Lihat keseruan duel Timnas Indonesia vs Thailand dalam bingkai foto pada tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.