Sukses

Pantang Menyerah, Timnas Indonesia Bisa Juara Piala AFF 2016

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih PS TNI, Suharto AD mengungkapkan jika Timnas Indonesia yang bermain di ajang Piala AFF 2016 paling berbeda dibanding skuat sebelum-sebelumnya. Dia menilai Boaz Solossa menunjukan mental juara dan semangat juang yang hebat.

Timnas Indonesia sendiri akan menghadapi Thailand di Stadion Pakansari, 14 Desember mendatang, pada leg pertama babak final Piala AFF 2016.

"Kalau timnas kita akui mereka luar biasa, terutama semangat juangnya yang tidak mau kalah. Sepertinya timnas sekarang berbeda dengan yang sebelumnya, dari kemauan pemain dan mental juaranya terlihat," kata Suharto.

Bahkan menurutnya, Timnas Indonesia punya peluang besar menjuarai Piala AFF 2016. Skuad Garuda --sebutan Timnas Indonesia-- belum pernah memenangkan ajang dua tahunan ini, meski sudah lima kali masuk final.

"Saya optimistis kalau memang karakter yang ada sekarang ini dengan semangat juang dan motivasi yang tinggi, mereka bisa juara," tegas Suharto.

2 dari 2 halaman

Era Baru Timnas

Meski begitu, Suharto mengakui bahwa level permainan Timnas Indonesia masih di bawah Thailand. Namun, anak asuh Alfred Riedl memiliki keunggulan lain yang bisa dijadikan sebagai senjata.

"Saya melihat kualitas teknis bermain Indonesia memang di bawah Thailand, tapi untuk semangat juang dan mungkin mental juaranya ini yang bisa membuat Indonesia bisa juara," jelasnya.

Selain itu, Suharto menuturkan apa yang ditunjukan Skuat Garuda bisa menjadi tren positif serta era baru dalam pesepakbolaan tanah air.

"Saya lihat ini era baru, karakternya masyarakat Indonesia. Mental, semangat, tidak mau kalah, dan terus bangkit. Hal seperti ini membuat lawan ketakutan," ucapnya.