Sukses

Riedl Ciptakan Rekor Bersama Timnas Indonesia di Piala AFF

Riedl sudah 12 kali memimpin timnas Indonesia di Piala AFF, dan akan bertambah.

Liputan6.com, Manila - Alfred Riedl bukan wajah baru bagi sepak bola Indonesia. Pelatih asal Austria itu sudah sejak 2010 menangani timnas Indonesia.

Petualangan Riedl bersama Tim Garuda dimulai ketika tampil di Piala AFF 2010, di mana Indonesia dan Vietnam menjadi tuan rumah. Nama Riedl langsung mencuat ketika mampu membawa Indonesia ke final Piala AFF 2010, sebelum dikalahkan Malaysia.



Sejak itu, nama Riedl semakin dekat dengan sepak bola Indonesia. Riedl masih menangani Tim Garuda di Piala AFF 2016, dan pada laga kedua penyisihan Grup A kontra Filipina, Selasa (22/11/2016), pelatih berusia 67 tahun ini menciptakan rekor.

Riedl menjadi pelatih terbanyak yang melatih timnas Indonesia di ajang Piala AFF dengan 12 pertandingan. Catatan itu memecahkan rekor Peter Withe, pelatih asal Inggris yang pernah menangani timnas Indonesia.

Kalahkan Peter Withe

Withe pernah menukangi Tim Garuda pada Piala AFF 2004 dan 2007. Total, Withe melatih Indonesia sebanyak 11 laga di turnamen sepak bola antarnegara di Asia Tenggara.

Rincian hasil yang ditorehkan Riedl juga lebih baik dari Withe. Riedl sejauh ini delapan kali membawa timnas Indonesia menang, sedangkan Withe hanya meraih lima kemenangan.

Seperti dilansir Goal, meski cukup lama melatih timnas, baik Riedl maupun Withe belum pernah mempersembahkan gelar juara Piala AFF bagi Indonesia. Prestasi terbaik keduanya mengantarkan Indonesia menjadi runner up, Withe pada 2004, sedangkan Riedl pada 2007.  

Catatan Riedl bersama timnas Indonesia masih akan bertambah, mengingat Boaz Solossa harus meladeni Singapura pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2016, Jumat (25/11/2016). Bila lolos, rekor Riedl sebagai arsitek tim Merah Putih pun berpotensi bertambah lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini