Sukses

Sempat Tertinggal 2 Gol, Mitra Kukar Imbangi Persiba

Mitra Kukar mencuri poin di kandang Persiba Balikpapan dalam laga derby Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Balikpapan - Mitra Kukar berhasil mencuri poin di kandang Persiba Balikpapan dalam pertandingan derby Kalimantan Timur, pada Sabtu (22/10/2016) sore ini. Sempat tertinggal 0-2 pada babak pertama, Naga Mekes menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol Anindito Wahyu dan Marlon da Silva.

Pada babak pertama tuan rumah Persiba langsung tampil menekan dengan bertumpu pada dua penyerang mereka Shohei Matsunaga dan Maycon Rogerio Silva. Namun kejutan justru terjadi pada menit ke-12 lewat pergerakan winger Mitra Kukar Dinan Yahdian Javier.

Dinan sempat berlari cepat ke arah pertahanan lawan dan melepaskan tendangan keras. Sayang, bola tembakannya masih membentur tiang gawang.

Tuan rumah baru bisa membuka keunggulan menjadi 1-0 pada menit ke-36 dari tendangan Matsunaga. Pemain asal Jepang itu memanfaatkan kemelut di depan gawang Naga Mekes dan tembakan kerasnya tak mampu ditangkap Gerri Mandagi.

Selang beberapa menit, tim Beruang Madu menambah keunggulan menjadi 2-0. Kali ini gol tuan rumah dicetak oleh Dirkir Kohn Glay menit ke-44 yang mendapat umpan lambung dari Siswanto.

Persiba paham betul bagaimana meredam serangan Mitra Kukar dengan mengunci pergerakan Marlon da Silva. Selama 45 menit, Marlon hanya satu kali mendapat peluang matang.

Hingga babak pertama selesai, skor tak berubah 2-0 untuk kemenangan sementara Persiba Balikpapan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Baru lima menit babak kedua berjalan, Anindito Wahyu memperkecil ketertinggalan dengan tembakan kaki kirinya. Tanpa melihat posisi penjaga gawang, dia memutuskan untuk melakukan tembakan langsung ke gawang.

Pelatih Mitra Kukar memutuskan untuk menarik winger Dinan Javier untuk memberi kesempatan Hendra Bayaw turun sebagai winger kanan tim. Hasilnya serangan demi serangan tim tamu dilancarkan dengan rapi, di saat Persiba merubah gaya permainan menjadi lebih bertahan.

Gol penyeimbang akhirnya tercipta dari sundulan Marlon da Silva. Lewat sebuah back-heading menit ke-54, pemain asal Brasil akhirnya menggenapkan koleksi gol ke-12 di sepanjang turnamen Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo ini.

Mitra Kukar makin nyaman menyerang, dan Persiba sulit keluar dari tekanan. Hampir saja Shohei Matsunaga memberikan gol penentu kemenangan pada menit ke-89 pertandingan lewat sundulan. Namun bola masih mengarah tipis di kanan gawang Mitra Kukar.

Skor berakhir 2-2 pada derby Kaltim kali ini dan membuat Persiba masih tertahan di peringkat 13 klasemen. Sedangkan Mitra Kukar ada di posisi ketujuh lewat 37 poin.

Susunan pemain Persiba Balikpapan vs Mitra Kukar:

Persiba Balikpapan (4-4-2): Yoewanto Stya Beny; Hermawan, Dirkir Kohn Glay, Antonio Adriano Teles, Abdul Aziz Lutfi Akbar, Kurniawan Karman, Rehel Radiansyah, Siswanto, Heri Susanto, Shohei Matsunaga, Maycon Rogerio Silva Calijuri.

Cadangan: Alfon, Asep, Melkior, Ade, Asnawi, Hanif, Fengki

Mitra Kukar (4-4-1-1): Gerri Mandagi; Dedi Gusmawan, Saepuloh Maulana, Zulchrizal Abdul Gamal, Zikri Akbar, Muhammad Bahtiar, Asri Akbar, Anindito Wahyu Erminarno, Dinan Yahdian Javier, Marlon Da Silva De Moura, Yogi Rahadian

Cadangan: Riki Pambudi, Arifki, Joko Sidik, Victor Pulga, Hendra Adi Bayauw, Ronal Setmot

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini