Sukses

Kontrak Pemain MU Tahun 1964 Terungkap, Gajinya Mencengangkan

Jika dibandingkan, perbedaannya gajinya sangat jauh dengan kiper MU sekarang.

Liputan6.com, Manchester - Perubahan gaji pemain sepak bola begitu signifikan dari masa ke masa. Buktinya nyatanya terdapat dalam sebuah berkas yang ditemukan milik Pat Dunne, kiper Manchester United pada era 60-an.

Dunne menjadi kiper MU selama tiga tahun yakni dari 1964-1967. Tahun lalu, pria asal Republik Irlandia ini meninggal dunia karena usia.

Bermain sebanyak 35 pertandingan untuk The Red Devils, Dunne diketahui bukan kiper utama. Dalam dokumen yang ditemukan, gaji Dunne kala itu mencapai 35 pounds  atau sekitar Rp 564 ribu per pekan.

Jumlah gaji itu sangat jauh bila dibandingkan dengan era sekarang. Sergio Romero, yang sekarang berstatus kiper cadangan MU setidaknya menerima puluhan ribu pounds per pekan sebagai bayaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Surat Kontrak Asli

Reddit, yang mengunggah foto dokumen gaji 35 pounds per pekan itu, mengklaim mendapatkannya dari kakek Dunne. Surat itu merupakan perpanjangan kontrak dari MU, setelah Dunne menjalani satu tahun pertamanya di Old Trafford. 

Pada era itu diketahui juga belum dikenal sistem agen yang mengatur transfer atau kontrak pemain. Dunne sendiri setelah tiga tahun membela MU, ia hengkang ke Plymouth Argyle, sebelum akhirnya bergabung dengan Shamrock Rovers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.