Sukses

Basarnas Siapkan Tim Spesialis untuk PON 2016

Ada empat cabang olahraga yang mendapatkan perhatian khusus dari Basarnas.

Liputan6.com, Bandung - Badan SAR Nasional (Basarnas) daerah Jawa Barat mengerahkan lima tim pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016. Lima tim yang masing - masing beranggotakan 10 orang pengamanan
ini ditempatkan di daerah Pangandaran, Jatiluhur, Sumedang, Indramayu,Cirebon dan Kota Bandung.

Menurut juru bicara Basarnas Jabar, Joshua Banjarnahor, seluruh anggota tim yang dikerahkan untuk penjagaan selama PON XIX tersebut memiliki keahlian lebih di bidang evakuasi.

"Anggota kita memiliki keahlian water rescue, medical first responder, heli rescue, dan high angle rescue," ujar Joshua kepada Liputan6.com, Kamis (15/9).

Joshua menambahkan, seluruh tim yang dikerahkan ini didukung pula dengan peralatan evakuasi seperti mobil rescue, truk rescue, motor trail, LCR dan helikopter. Khusus untuk penggunaan helikopter jenis Dauphin ini akan beroperasi sesuai dengan kebutuhan evakuasi.

Dia menjelaskan cabang olah raga yang menjadi prioritas penjagaan dari otoritas penyelamatan ini adalah cabang dayung, berkuda, gantole dan selam.

Pada hari ini, Basarnas Jawa Barat melakukan pengamanan cabang olahraga Gantole di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sedangkan tim heli rescue bersiaga di Nusawiru, Pangandaran, selama PON berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini