Sukses

Deretan 5 Gelandang Mahal yang Pernah Dibeli MU

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) sedang gencar memburu Paul Pogba musim panas ini. Setan Merah bahkan telah menggelontorkan dana hingga 103 juta pounds (Rp 1,7 triliun) demi mendapatkan mantan pemainnya tersebut.

Ternyata membeli gelandang mahal bukan hal baru bagi MU. Tercatat ada enam pemain di posisi sama yang dibeli sejak Pogba pergi tahun 2012.



Sayangnya, beberapa gelandang tersebut gagal memberikan performa terbaiknya selama di MU. Bahkan mereka lebih sering menghabiskan waktu di bangku cadangan sebelum dilepas ke klub lain.

Lalu siapa saja gelandang mahal yang pernah dibeli MU setelah Pogba hengkang ke Juventus. Berikut ulasannya seperti dilansir Metro.

2 dari 7 halaman

1. Shinji Kagawa

Kagawa merupakan pemain pertama yang dibeli setelah Pogba dilepas ke Juventus. Saat itu MU membelinya dnegan harga 16 juta pounds dari Borussia Dortmund.

Pemain timnas Jepang itu tampil cukup impresif di musim pertamanya. Ia sukses mencetak enam gol dari 26 laga di semua kompetisi.

Dia juga menjadi pemain Jepang pertama yang sukses meraih gelar Liga Inggris. Sayangnya, kepergian Alex Ferguson mengubah peruntungan Kagawa.

Kagawa tidak mendapat di bawah asuhan David Moyes. Dia hanya bermain dalam 30 laga di semua kompetisi dan kembali ke Dortmund pada tahun 2014.

3 dari 7 halaman

2. Marouane Fellaini

Fellaini menjadi salah satu pemain termahal yang pernah direkrut MU. Ia direkrut dari Everton dengan harga 28 juta pounds.

Namun harga mahal pemain kribo tersebut tidak sebanding dengan penampilannya. Bahkan pada musim debutnya, Fellaini hanya 15 kali turun sebagai starter dan masuk dalam 10 pembelian terburuk di Liga Inggris versi The Telegraph.

Pada musim keduanya, Fellaini hanya bermain dalam 31 laga dan menyumbang tujuh gol. Louis van Gaal bahkan kerap menurunkannya sebagai striker darurat ketimbang gelandang.

Musim lalu penampilan Fellaini tidak kunjung membaik. Ia hanya tampil dalam 34 laga di semua kompetisi meski sukses membawa MU meraih Piala FA.

4 dari 7 halaman

3. Juan Mata

Mata merupakan pemain kedua termahal yang pernah dibeli MU. Setan Merah merogoh kocek hingga 37,1 juta pounds untuk memboyongnya dari Chelsea Januari 2014 lalu.

Berbeda dengan Kagawa dan Fellaini, Mata justru punya penampilan yang lebih konsisten. Dia selalu menjadi pemain inti di bawah asuhan Moyes atau van Gaal.

Total Mata telah mencetak 26 gol dari 104 penampilannya bersama MU. Ia juga berperan penting saat MU menjuarai Piala FA musim lalu.

Sayangnya meski tampil bagus bukan berarti posisi Mata di MU aman. Kabarnya MU akan menjual pemain timnas Spanyol tersebut karena punya gaya permainan yang tidak disukai Jose Mourinho.

5 dari 7 halaman

4. Ander Herrera

MU sudah lama berminat pada Herrera. Namun mereka baru berhasil merekrutnya dari Athletic Bilbao dua tahun lalu.

Biaya yang dibutuhkan MU juga cukup besar yakni mencapai 29 juta pounds. Herrera langsung mendapat kontrak berdurasi empat tahun di Old Trafford.

Sayangnya meski menjadi idola fans, Herrera lebih kerap bermain dari bangku cadangan. Ia kalah bersaing dengan gelandang senior MU, Michael Carrick.

Sejauh ini Herrera telah mencetak 13 gol dari 72 laga bersama MU. Tetapi jika Pogba jadi datang, bukan tak mungkin ia menjadi tumbal.

6 dari 7 halaman

5. Morgan Schneiderlin

Scheneiderlin merupakan bintang saat masih memperkuat Southampton. Tak heran MU rela mengeluarkan dana hingga 24 juta pounds untuk membelinya musim panas lalu.

Sayangnya kinerja pemain timnas Prancis tersebut tidak dilihat oleh van Gaal. Ia lebih sering dibangkucadangkan sepanjang musim lalu.

Beruntung timnas Prancis memanggilnya ke Piala Eropa 2016 karena Lassana Diara cedera. Meski ia sendiri tidak sempat bermain karena kalah bersaing dengan N'Golo Kante.

Jika Schneiderlin dipertahankan, maka Jose Mourinho harus memberikan kesempatan lebih banyak. Schneiderlin bisa menjadi tandem bagus bagi Paul Pogba.

7 dari 7 halaman

6. Bastian Schweinsteiger

MU dinilai terlambat mendatangkan Schweinsteiger. Pasalnya, Setan Merah baru membelinya musim lalu ketika usianya sudah 31 tahun.

Menariknya MU juga merogoh kocek cukup besar untuk merekrutnya dari Bayern Muenchen. Yakni sebesar 12 juta pounds.

Namun, Schweinsteiger justru lebih sering berkutat dengan cedera. Ia hanya bermain 18 kali di Liga Inggris dan menyumbangkan satu gol.

Jika Pogba datang, maka Schweinsteiger harus siap menjadi pelapisnya. Mourinho tentu lebih suka dengan Pogba yang lebih muda dan enerjik.