Sukses

10 Fakta Menarik Jerman Vs Prancis: Magis Tuan Rumah

Prancis sudah lama tak kalah saat tampil di kandang dalam turnamen besar.

Liputan6.com, Marseille - Jerman dan Prancis akan memperlihatkan pertarungan menarik di semifinal Piala Eropa 2016. Bicara sejarah, Prancis seakan mendapatkan kekuatan tambahan saat tampil di hadapan publik sendiri.

Jerman dan Prancis sama-sama sudah berjuang untuk mencapai semifinal. Karenanya, mereka akan mengeluarkan seluruh tenaganya saat bertemu pada semifinal di Stade Velodrome, Marseille, Jumat (7/7/2016) dinihari WIB.

Pertemuan ini memang akan sedikit dibumbui dengan misi balas dendam. Pasalnya, Prancis dan Jerman sempat bertemu di perempat final Piala Dunia 2014. Kala itu, Prancis menyerah 0-1 dari Jerman lewat gol Mats Hummels.

Namun, tak hanya hal itu yang layak dicermati dari pertarungan kedua tim. Beberapa fakta menarik juga diyakini semakin memanaskan duel sengit kedua tim yang dianggap sebagai kandidat juara itu. Berikut adalah 10 fakta menarik yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 Fakta Menarik


1. Ini akan menjadi pertemuan kelima Jerman dan Prancis di turnamen besar. Tapi, baru pertama kali mereka bertemu di Piala Eropa.

2. Kedua tim adalah pengoleksi terbanyak gol dalam sejarah Piala Eropa (Jerman 72, Prancis 60).

3. Jerman selalu tampil di semifinal dalam enam turnamen besar terakhir, terbanyak di antara tim Eropa.

4. Ini kali pertama Prancis tampil di semifinal sejak Piala Dunia 2006.

5. Prancis tak terkalahkan dalam 17 laga turnamen besar yang dimainkan di kandang (15 menang, 2 imbang). Kekalahan kandang terakhir mereka didapat saat bertemu Ceko pada Piala 1960.

6. Jerman sudah 20 tahun tak mengangkat trofi Piala Eropa. Itu catatan terburuk mereka dalam sejarah Piala Eropa.

7. Jerman hanya sekali kalah dari 18 laga terakhir di turnamen besar, yakni saat menyerah 1-2 dari Italia di semifinal Piala Eropa 2012.

8. Prancis adalah tim paling produktif di Piala Eropa 2016 dengan 11 gol dari lima laga. Itu adalah catatan terbaik mereka di turnamen besar sejak Piala Eropa 2000 (13 gol).

9. Sudah lima gol Prancis yang tercipta lewat sundulan, rekor terbaru dalam sejarah Piala Eropa.

10. Mesut Ozil adalah satu-satunya pemain yang tampil sejak awal dalam 24 laga Jerman sejak Piala Dunia 2010. Ia juga menjadi pencetak assist terbaik di empat turnamen besar terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini