Sukses

5 Pemain Liga Inggris Terburuk yang Tampil di Piala Eropa 2016

McNair adalah salah satu pemain jebolan akademi MU.

Liputan6.com, Jakarta Piala Eropa 2016 secara resmi mulai bergulir 10 Juni 2016 mendatang. Kompetisi tertinggi di Benua Biru ini diikuti 24 tim peserta.

Setiap tim sudah mengumumkan daftar pemain yang akan berlaga di Prancis. Menariknya, Piala Eropa tahun ini banyak diisi pemain dari Liga Premier Inggris.

 

Baca Juga

  • Juara di Catalunya, Ini Makna Jabatan Tangan Rossi dengan Marquez
  • Jamie Vardy Jalani Tes Medis di Arsenal?
  • Dua Tahun Lagi MU Bakal Juara Liga Premier


Dari 552 pemain yang akan berlaga di Prancis, ada 103 pemain yang merumput di Liga Inggris.

Masing-masing negara tentu saja sudah mempersiapkan skuatnya dengan baik. Semua pemain terbaik yang merumput di berbagai liga sudah dipanggil untuk memperkuat negaranya masing-masing.

Namun, dari beberapa penilaian ada beberapa pemain yang sebetulnya tidak tampil maksimal bersama klubnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Paddy McNair

Prospek pemain muda Manchester United sempat dipertanyakan saat manajer tim "Setan Merah" diambil alih Jose Mourinho. "Akan Mourinho memainkan Marcus Rashford? "Atau Anthony Martial?"  Pertanyaan ini terus menggelinding sebelum Mourinho memulai tugasnya musim depan.

Banyak pemain muda yang khawatir dengan kebijakan pelatih asal Portugal itu. Salah satunya Paddy McNair. Itu bukan untuk merendahkan performa pemain internasional Irlandia Utara ini.

McNair bernasib relatif baik ketika dipanggil manajer MU sebelumnya Louis van Gaal, meski ia hanya bermain satu menit sejak Februari lalu. Namun, pemain berusia 21 tahun ini sebenarnya sangat penting di kancah internasional. Ia membintangi kemenangan terakhir atas Belarus.

Tampil sebagai gelandang bertahan dalam tiga pertandingan terakhir, pemain berpaspor Irlandia Utara ini disebut-sebut penerus alami Jonny Evans. "Saya belum mendengar apa-apa dari dia," kata McNair soal penunjukan Mourinho.

Sebaliknya, McNair jarang mendapat kesempatan bermain di MU. Karenanya, ia sempat berencana meninggalkan Old Trafford jika tidak kunjung tampil bersama skuat inti.

McNair adalah salah satu pemain jebolan akademi MU. Sejak dipromosikan ke tim utama pada awal musim 2014-2015 lalu, pemain yang bisa dimainkan sebagai fullback itu total bermain di 21 laga bersama MU.

3 dari 6 halaman

Aiden McGeady

McGeady adalah salah satu pemain Irlandia yang tampil buruk saat mereka melawan Belarus pada laga uji coba, Selasa lalu. "Reaksi saya untuk kinerja Aiden? Saya pikir dia bisa melakukan banyak lebih baik tapi mungkin itu kisah karier Aiden, " kata asisten manajer Republik Irlandia Roy Keane.

Konstribusi McGeady baik untuk tim maupun klub memang tengah "naik-turun". Mantan pemain Celtic ini sempat dipinjamkan ke Sheffield Wednesday agar bisa kembali tampil mengesankan. Dia kembali ke kandang Everton, Goodison Park.

Pemain berusia 30 tahun ini telah mencetak satu gol di 43 pertandingan untuk Everton, dan lima gol dalam 82 laga untuk Irlandia. Terkait kondisinya ini, ia berseloroh bahwa dirinya "lupa bagaimana rasanya menjadi pesepakbola".

McGeady tak pernah berhasil menembus skuat utama Everton. Cedera lama juga membuatnya semakin lama semakin dilupakan pecinta sepakbola. Musim ini McGeady hanya tampil satu kali untuk The Toffees di Piala Liga.

4 dari 6 halaman

Jonathan Williams

Williams membuat debut bersama Crystal Palace sebagai pemain muda berbakat. Namun, penampilan gelandang ini jadi terbatas setelah mengalami cedera cukup parah.

Pemain berusia 22 tahun itu tetap bersama klubnya sejak promosi pada 2013. Ia hanya membuat 12 penampilan Premier League dalam tiga musim berikutnya.

Selama masa pinjaman di Ipswich, Nottingham Forest, dan terakhir Milton Keynes Dons, Williams hanya bermain 43 pertandingan, mencetak dua gol. Sejak awal kualifikasi Piala Eropa 2016 pada September 2014, Wales telah memenangkan enam dari 13 pertandingan, dan menelan kekalahan tiga kali.
 

5 dari 6 halaman

Valon Behrami

Behrami adalah salah satu dari 13 pemain yang dipromosikan Watford musim panas lalu. Namun, Behrami juga termasuk pemain yang minim bermain di Premier League.

Dari 12 pertandingan Watford musim lalu, Behrami hanya ikut mencicipi tiga kemenangan, yakni atas Swansea, Newcastle dan Crystal Palace.

Mengingat penampilan itu, Behrami yang sempat membela West Ham dari 2009 hingga 2011, sulit untuk melihat apa gelandang Swiss ini bisa mendapat tempat di skuat asuhan Quique Sanchez Flores.

Behrami telah tergabung dengan Timnas Swiss sejak tahun 2005. Ia sempat menyumbang satu gol di pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia tahun 2006 melawan Turki.

6 dari 6 halaman

David Meyler

Gelandang Hull City, David Meyler, terpilih masuk skuat Republik Irlandia. Pemain ini dikenal pekerja keras, dan tegas, meski kemampuannya itu dinilai 'tak cukup baik'.

Penampilan Meyler memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Tapi, ada alasan kenapa dia tidak tampil di tiga pertandingan play-off Championship pada akhir musim.

Dia sama sekali tidak tampil dalam kemenangan 3-0 atas Derby. Kemudian muncul sebagai pemain pengganti di babak kedua saat menelan kekalahan di Rams, dan bermain lima menit dalam kemenangan akhir atas Sheffield Wednesday.

Pemain 27 tahun ini, hanya bermain di dua laga dari 10 pertandingan Irlandia di babak kualifikasi. Dan, mereka hanya memenangi satu pertandingan atas Gibraltar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.