Sukses

Bermain 10 Orang, MU Juara Piala FA

Manchester United (MU) sukses meraih trofi pertamanya bersama Louis van Gaal.

Liputan6.com, London - Manchester United (MU) sukses meraih trofi pertamanya bersama Louis van Gaal. Di final Piala FA, Sabtu (21/5/2016) Setan Merah menaklukkan Crystal Palace dengan skor 2-1.

Pada waktu normal, kedua tim bermain imbang 1-1. Palace membuka gol lebih dulu melalui Jason Puncheon pada menit ke-78. Sementara MU membalas melalui Juan Mata dan Jesse Lingard.

Baca Juga

  • Scholes Kembali Bikin Van Gaal Naik Pitam
  • Joachim Low Paksa Bintang Muenchen Pindah Liverpool
  • Terungkap, Rossi Takut Vinales Pindah Yamaha



Jalannya pertandingan di babak pertama

MU coba menguasai pertandingan sejak awal. Tempo cepat diperagakan akan asuh Louis van Gaal sehingga membuat Palace sulit berkembang.

Peluang pertama dimiliki Marcus Rashford pada menit ke-10. Namun tendangannya masih bisa diantisipasi pertahanan The Eagles.

Semenit kemudian giliran Marouane Fellaini yang mengancam gawan Palace. Tetapi sundulannya memanfaatkan tendangan sudut masih menyamping tipis dari gawang yang dikawal Wayne Hennessey.

Rooney coba melepaskan tendangan spekulasi pada menit ke-14. Tapi Hennessey dengan sigap menangkap bola.

Palace sempat mencetak gol melalui Connor Wickham pada menit ke-17. Namun wasit menganggap pelanggaran terlebih dulu.

Semenit kemudian Palace punya peluang perdana melalui sundulan Yanick Bolasie. Beruntung David De Gea melakukan tepisan gemilang sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut.

Tendangan kaki kiri Juan Mata nyaris menjebol gawang Palace pada menit ke-21. Tetapi Hennessey kembali menepisnya dengan baik.

Fellaini kembali membuat pendukung tim tamu berdebar. Sundulannya pada menit ke-25 kembali melenceng sedikit dari gawang Palace.

Anthony Martial punya peluang emas pada menit ke-32. Sayangnya meski sudah tidak terkawal, tendangannya masih bisa diselamatkan bek Palace Joel Ward.

Lima menit sebelum laga usai, Palace terus mengepung pertahanan MU. Namun hasil 0-0 tidak berubah hingga turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak kedua

Di babak kedua, tempo permainan cepat tidak berubah. MU juga mendominasi pertandingan sejak awal.

Peluang pertama dimiliki Setan Merah pada menit ke-52. Tetapi tendangan Fellaini hanya mengenai tiang gawang.

Palace membalas peluang MU tiga menit kemudian. Namun tendangan Mile Jedinak dari dalam kotak penalti masih melambung di atas gawang yang dikawal De Gea.

Tiang gawang kembali menjadi penyelamat bagi Palace pada menit ke-60. Kali ini sundulan Martial yang membentur tiang setelah memanfaatkan umpan silang Antonio Valencia.

Petaka pada MU terjadi pada menit ke-77. Jason Puncheon yang baru masuk menggantikan Cabaye melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti tanpa bisa ditahan De Gea. Palace pun unggul 1-0.

MU langsung membalas pada menit ke-81. Berawal dari akselerasi Rooney yang melewati beberapa bek Palace, Mata akhirnya menyelesaikan dengan tendangan keras mendatar dari dalam kotak penalti. Skor menjadi imbang 1-1.

Kedua tim tidak mampu mencetak gol tambahan sehingga berlanjut ke extra time.

3 dari 3 halaman

Extra Time

Di babak extra time pertama, MU terus memberikan tekanan pada Palace. Sejumlah peluang dimiliki Fellaini dan Lingard.

Namun peluang juga dimiliki Palace melalui Bolasie pada menit ke-11 extra time. Beruntung De Gea masih bisa membuat penyelamatan.

MU harus bermain dengan 10 orang pada akhir extra time babak pertama. Chris Smalling menerima kartu kuning kedua setelah menjatuhkan Bolasie.

Pada menit ke-106, Palace punya peluang melalui Dwight Gayle. Namun tendangannya masih bisa ditepis dengan kaki oleh De Gea.

Pendukung MU akhirnya bersorak pada menit ke-109. Tendangan first time Jesse Lingard tidak mampu diadang Hennessey sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Palace terus menekan MU untuk mengejar ketinggalan. Namun usaha itu tidak berhasil dan MU juara Piala FA pertamanya sejak musim 2003/04.

Manchester United: De Gea, Valencia, Smalling, Blind, Rojo/ Darmian (66), Carrick, Fellaini, Mata/Lingard (90), Rooney, Martial, Rashford/ Young (72)

Crystal Palace: Hennessey; Ward, Dann, Delaney, Souare; Zaha, Cabaye/ Puncheon(72), McArthur, Jedinak, Bolasie; Wickham/ Gayle (85)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini