Sukses

Rio Haryanto Out, Rosberg Beber Kunci Juarai GP Australia

Rosberg rebut kemenangan ke-25 di sepanjang kariernya.

Liputan6.com, Melbourne - Pembalap Mercedes F1, Nico Rosberg memberkan kunci sehingga bisa juarai GP Australia di Sirkuit Albert Park, Minggu (20/3/2016). Meski tidak pole positions, namun Rosberg bisa asapi dua pesaing beratnya pembalap Ferrari Sebastian Vettel dan rekannya Lewis Hamilton.

Baca Juga

  • Lebih Dekat dengan Wanita-wanita Cantik Pendukung Persib
  • 3 Pemain Real Madrid Ukir Tinta Emas di Gawang Sevilla
  • 5 Fakta Kemenangan MU di Derby Manchester: Sejarah Rashford

GP Australia sendiri diwarnai banyak drama. Salah satunya yaitu ketika pembalap Mercedes Honda, Fernando Alonso tabrak pembalap Haas F1, Esteban Gutierrez di lap ke-17.

Balapan pun dihentikan saat safety car masuk ke lintasan. Butuh 25 menit untuk bersihkan lintasan bekas tabrakan. Sialnya, pembalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto malah tak bisa lanjutkan lomba gara-gara kerusakan gearbox.

Rosberg mengatakan, strategi jitu menjadi kunci dirinya berhasil menangi GP Australia. Pergantian ban ke ban medium terbukti ampuh baginya untuk kejar duo Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen yang sempat melesat saat start.

"Kami (Mercedes) sangat kuat dalam hal pemilihan strategi ketimbang hal-hal lain. Pemilihan ban saat balapan dihentikan menjadi kunci. Saya senang karena Ferrari ternyata sedang pakai ban super lunak kala itu," ujarnya seperti dikutip crash.

Praktis, Rosberg bisa bertahan lebih lama dengan ban medium ketimbang duo Ferrari yang gunakan ban super lunak saat balapan dihentikan. Rosberg pun meraih kemenangan ke-15 di sepanjang kariernya.

"Ini start yang bagus untuk musim baru," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini