Sukses

FIGC Konfirmasi Kembalinya Lippi

Kursi pelatih Timnas Italia tidak dibiarkan lama kosong. Setelah pemecatan Roberto Donadoni, dalam hitungan jam PSSI-nya Italia (FIGC) mengkonfirmasi bahwa perjuangan Gli Azzuri mempertahankan trofi Piala Dunia dikawal kembali oleh Marcello Lippi.

Benar saja pemberitaan media massa Italia terkait siapa yang nantinya bakal menghuni kursi pelatih Timnas Italia. Selang beberapa jam keluarnya keputusan pemecatan terhadap Roberto Donadoni, Federasi Sepakbola Italia (FIGC) mengumumkan nama Marcello Lippi sebagai suksesor Donadoni. Seiring makin gawatnya nasib Donadoni akibat kegagalan Gli Azzuri di Euro 2008, media massa Negeri Pizza sudah mendengungkan nama Lippi. Kamis, 26 Juni, waktu setempat, FIGC akhirnya meluluskan ramalan jurnalis dan pengamat sepakbola negerinya. FIGC mengkonfirmasi kembalinya pria yang kini genap berusia 60 tahun tersebut. Lippi merupakan dalang di balik keberhasilan Italia menjuarai Piala Dunia 2006. Tapi, setelah memberi gelar keempat bagi negerinya, Lippi di luar dugaan meninggalkan jabatannya. Sesuai apa yang dirilis situs resmi FIGC, mantan pelatih Juventus dan Inter Milan itu ditunjuk untuk mempertahankan gelar juara di Afrika Selatan dua tahun nanti. Lippi akan diperkenalkan kepada publik pada 1 Juli di kantor pusatnya di Roma. “Marcello Lippi kembali menemani Timnas Italia. Presiden FIGC, Giancarlo Abete menunjuk pelatih untuk menggantikan Roberto Donadoni. Lippi akan diperkenalkan pada Selasa, 1 Juli nanti dalam sesi konferensi pers di Roma.” Demikian pernyataan FIGC. Dirilis Football Italia, Lippi berkomentar: “Saya sangat-sangat senang. Saya juga sangat termotivasi.” Dari 2004 sampai 2006 merupakan periode pertama Lippi. Dari 29 pertandingan yang dilalui, Lippi membawa Italia memetik 17 kemenangan, 10 kali imbang dan hanya dua kali menderita kekalahan. Tugas Lippi yang paling berat yakni mengembalikan kepercayaan diri Gianluigi Buffon dkk. Mulai bulan September Italia sudah harus berkecimpung di babak kualifikasi PD 2010 demi mempertahankan gelar yang direbut di Jerman. Italia tergabung di Grup 8 zona Eropa bersama Bulgaria, Irlandia, Siprus, Georgia dan Montenegro. Lippi diperkirakan akan membawa serta mantan anak didiknya di Juventus, Ciro Ferrara dan Angelo Peruzzi. Peruzzi yang menjadi kiper kedua di PD 2006 akan bertugas mempersatukan para pemain di ruang ganti serta bertugas sebagai penghubung antara Lippi dan pemain atau sebaliknya. Lippi juga mengumumkan stafnya yang beranggotakan pelatih Narciso Pezzotti dan pelatih kiper Ivano Bordon serta dokter kepala EnricoCastellacci.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini