Sukses

Catatan Karier Juara Wimbledon Asal Indonesia

Tami Grende bersama pasangannya, Qiu Yu Ye berhasil meraih gelar juara ganda putri junior Wimbledon 2014.

Liputan6.com, London - Satu lagi, atlet asal Indonesia mengukir prestasi di kancah internasional. Pada kejuaraan tenis bertajuk Wimbledon 2014, atlet muda kelahiran Denpasar 22 Juni 1997, Tami Grende sukses meraih gelar juara di nomor ganda putri kelas junior.

Pada ajang tersebut Tami berpasangan dengan petenis asal Tiongkok, Qiu Yu Ye. Di partai final, Minggu (6/7/2014) waktu setempat, mereka berhasil mengalahkan pasangan Marie Bouzkova (Rep. Ceko)/Dalma Galfi (Hungaria) dengan skor 6–2, 7–6.

Perjalanan Tami dimulai saat ia mengikuti China Junior 16 Beijing, 24-28 September 2013. Setelah itu ia melanjutkan perjalanannya dengan mengikuti ajang Hong Kong Open Junior Tennis Championships 2013. Di nomor tunggal, Tami sempat meraih tiga kemenangan. Namun saat menghadapi Siqi Cao asal Tiongkok di babak semifinal, Tami dipaksa kalah dengan skor 3-6, 6-7 (6).

Di tahun 2014, Tami terjun ke ajang Chang Thailand ITF Juniors G1. Di nomor tunggal, ia kalah dari petenis Australia, Kimberly Birrell. Tapi di nomor ganda putri, ia yang berpasangan dengan Olivia Tjandramulia berhasil masuk ke babak semifinal. Meski akhirnya, Tami lagi-lagi kalah dan kali ini ia beserta pasangannya menyerah dari tangan Kamonwan Buayam (Thailand) dan Dabin Kim (Korea Selatan).

Di ajang Wimbledon yang digelar 28 Juni sampai 6 Juli 2014, Tami sempat berada di nomor tunggal. Namun dirinya dihentikan petenis Inggris, Gabriella Taylor. Bertemu di babak 32 besar, Tami menyerah 4-6,4-6.

Namun hasil buruk tak mengikuti Tami saat dirinya terjun di nomor ganda putri. Bersama pasangannya, Tami sukses mengalahkan Jana Fett (Kroasia) dan Ioana Loredana Rosca (Rumania) di babak 32 besar.

Maju ke babak 16 besar, Tami/Yu Ye berhasil menaklukan pasangan Rumania, Elena Gabriela Ruse dan Jaqueline Adina Cristian. Lalu di perempat final, giliran Anhelina Kalinina (Ukraina) dan Iryna Shymanovich (Belarusia) yang dihentikan Tami/Yu Ye.

Di babak semifinal, Tami/Yu Ye berhadapan dengan Usue Maitane Arconada (Amerika Serikat) dan Fanni Stollar (Hungaria). Setelah sempat kalah 5-7 di set pertama, Tami/Yu Ye akhirnya membalas 6-3 dan 6-4 di dua set berikutnya.

Gelar juara Wimbledon junior akhirnya jatuh ke genggaman Tami/Yu Ye usai mengalahkan Bouzkova/Galfi. Tami mengikuti jejak Angelique Widjaya yang pernah menjuarai turnamen Grand Slam. Angie berhasil menjuarai nomor tunggal junior Wimbledon 2001. (Van)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini