Sukses

Usai El Clasico, Polda Evaluasi Izin Pertandingan Persib

Menurut Polda, sosialisasi islah The Jak dan Viking belum tersosialisasi dengan baik.

Liputan6.com, Bandung: Pihak kepolisian akan melakukan evaluasi ulang terkait perizinan pertandingan Persib Bandung pasca menjamu Persija, Kamis (8/5/2014) lalu di stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Tercatat ada beberapa hal menonjol yang menjadi atensi pihak kepolisian, seperti saat bentrokan di Tol Cikampek KM 66 Karawang, Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi, tidak hanya saat pertandingan saja namun sebelum dan juga sesudah pertandingan.

"Polda Jabar akan melakukan evaluasi, termasuk sikap perilaku penonton sebelum, saat dan pasca pertandingan guna menentukan diberikan atau tidak izin pertandingan bagi Persib di Jawa Barat," katanya saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (10/5/2014).

Martinus mengaku prihatin dengan terjadinya insiden di KM 66 Tol Cikampek. Dia menilai bahwa islah antara dua suporter yang telah ditandatangani kedua perwakilan belum dipahami secara baik.

"Ini menjelaskan bahwa islah belum tersosialisasi dengan baik kepada seluruh suporter. Masih adanya rasa dendam dari bobotoh Persib ke suporter Persija begitupun sebaliknya," ucapnya.

Alasan suporter Persija dikembalikan adalah untuk lebih menjamin keselamatan mengingat situasi yang tidak memungkinkan bila mereka hadir di Stadion Si Jalak Harupat.

"Kita pun berpatok pada Surat PT Liga, bernomor 171/Liga/II/2014 tgl 19 Februari 2014 yang memutuskan agar kedua klub tidak saling mengirimkan suporter pada saat pertandingan away masing-masing klub," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.