Sukses

Lallana Tantang Toure Adu Kreativitas di Lini Tengah

Kedua gelandang ini bagaikan poros permainan bagi Manchester City maupun Southampton.

Liputan6.com, Manchester: Pertarungan dua gelandang tangguh dan kreatif bakal terjadi di laga Manchester City kontra Southampton, Sabtu (5/4/2014). City sebagai tuan rumah bakal mengandalkan sosok Yaya Toure. Sementara Southampton, mereka berharap pada kemampuan individu seorang Adam Lallana.

Baik Toure dan Lallana, keduanya bagaikan roh permainan untuk City maupun Southampton. Dengan kelebihannya masing-masing, mereka tak jarang berperan sebagai penentu kemenangan.

Namun untuk catatan gol, Toure lebih baik dari lawannya. Pemain kebangsaan Pantai Gading itu telah mencetak 17 gol dari 29 penampilannya di Liga Premier musim ini. Torehannya tersebut berhasil menjadikan Toure sebagai pencetak gol terbanyak di kubu The Citizens.

Di laga kali ini, besar kemungkinan Toure akan kembali dimainkan. Seperti biasa, ia bakal ditugaskan berdiri di belakang striker tunggal. Selain mengalirkan bola dari lini tengah ke depan, tugas Toure lainnya adalah mengobrak-abrik lini pertahanan lawan demi menciptakan ruang bagi rekan-rekan setimnya.

Lallana juga demikian. Tugas dan peranannya nyaris serupa dengan Toure. Namun karena kalah pengalaman, Lallana jadi berada sedikit di belakang sang lawan. Dari 32 penampilannya di Liga Premier, Lallana bisa menciptakan sembilan gol. Bukan tak mungkin, ia akan menambah koleksi golnya karena saat menghadapi City nanti timnya bakal dinaungi rasa kepercayaan diri yang berlipat ganda.

Kepercayaan diri tersebut didapat Lallana Cs dari hasil pertemuan dengan The Citizens pada tahun lalu. Dalam dua pertemuan di tahun 2013, Southampton terbilang lebih baik dari City. Pada 10 Februari mereka sukses mengalahkan City 3-1. Kemudian pada 7 Desember, Southampton berhasil memaksa City bermain imbang 1-1.

Hasil tersebut tentunya bisa menjadi modal bagus untuk menghadapi tim yang paling produktif saat ini. Jika Southampton bisa menang, maka mereka akan terus membuka peluang untuk tampil di babak penyisihan Liga Europa musim depan. Saat ini Southampton ada di posisi delapan. Mereka telah mengantongi 48 poin tertinggal delapan angka dari Tottenham Hotspur yang duduk di peringkat enam atau batas akhir dari zona Liga Eropa.

Di sisi lain, Toure Cs akan mendekati tim peringkat pertama jika bisa mengalahkan Southamptin di Etihad Stadium. Saat ini, City yang baru memainkan 29 pertandingan telah memiliki raihan 67 poin. Nilai mereka berjarak empat angka dari Liverpool sang pemuncak klasemen yang sudah tampil di 31 pertandingan. Jika mampu memaksimalkan dua laga sisa, otomatis City berhak mengkudeta Liverpool dari singgasana. (Van)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.