Sukses

15 Perusahaan Berniat Selamatkan Merpati

Di tengah akhir rencana penutupan bisnis Merpati Nusantara, 15 perusahaan berniat membantu menyelamatkan bisnis perushaaan. Apa alasannya?

Ketidakjelasan nasib maskapai penerbangan perintis, PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) membangkitkan solidaritas dari perusahaan lain. Dilaporkan sebanyak 15 perusahaan berminat untuk kembali membangkitkan maskapai penerbangan yang terlilit utang cukup besar tersebut.

"Jadi ada 15 perusahaan yang berminat KSO (kerjasama operasional-red) dengan Merpati. 5 dari luar negeri 10-nya dari dalam negeri," ungkap Dahlan saat berbincang dengan wartawan di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (18/12/2013)

Dahlan mengungkapkan, perusahaan yang berniat membantu Merpati tersebut tak seluruhnya menggeluti bisnis penerbangan. Perusahaan tersebut mengaku rela menjalin kerjasama dengan Merpati karena maskapai pelat merah ini dianggap layak untuk dipertahankan.

"Kenapa mereka mau, padahal Merpati kayak gitu, karena mereka tetap mencari peluang bisnis, network bagus, service maintenance bagus, sehingga mereka mengangggap hal mendasar yang diperlukan sebuah perusahaan penerbangan itu masih layak," tegas Dahlan.

Bentuk KSO yang ditawarkan ke-15 perusahaan tersebut diantaranya berupa kerjasama penyediaan modal serta pemberian alat kerja.

Sayangnya, Dahlan mengaku masih menganggap jalan terbaik bagi Merpati saat ini adalah menutup bisnis perusahaan.  "Itu keputusan yang baik juga (ditutup), tapi kita usahakan dulu lah," ujarnya. (Yas/Shd)

Baca Juga

1. Dahlan Iskan Berniat Jual Merpati Nusantara
2. Merpati Dulu Pernah Ditawar Setiawan Djodi
3. Ini Dia Kondisi Sebenarnya Merpati Nusantara
4.Dalam Sehari, Utang Merpati Tambah Rp 2 Miliar ke Pertamina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini