Sukses

10 Merek Paling Berharga di Dunia (1)

Peringkat merek termahal yang selama 13 tahun digenggam Coca Cola berhasil digeser. Siapa penguasa tahta tertinggi?

Konsultan merek, Interbrand kembali merilis daftar 100 merek paling berharga di seluruh dunia. Pada pemeringkatan kali ini, tahta tertinggi yang telah 13 tahun dikuasai Coca Cola akhirnya berhasil tergusur.

Dikutip dari laman BusinessInsider, Selasa (1/10/2013), perusahaan teknologi informasi Apple mampu menggeser tahta yang telah belasan tahun dikuasai Coca Cola. Posisi produsen minuman bersoda ini terlempar ke posisi 3 dunia.

Dalam membuat pemeringkatan kali ini, Interbrand menggunakan pengukuran berupa uang yang mampu dihasilkan perusahaan. Selain itu, Interbrand juga menilai seberapa besar peran merek dalam menciptakan untung.

Indikator terakhir adalah bagaimana merek dari sebuah perusahaan mampu bertahan dari pesaingnya yang lain.

Berikut adalah 10 merek termahal dunia:

1. Apple

Nilai merek: US$ 98, 3 miliar
Peringkat tahun lalu: 2
Nilai perubahan naik 28%

Setelah peningkatan 129% dalam lompatan besar pada peringkat tahun lalu. Apple tak perlu jauh-jauh untuk mengambil alih nomor satu.  Begitu sering perusahaan mengubah hidup kita, bukan hanya dengan produknya tetapi juga dengan etos. Oleh karena itu, Coca Cola berada di nomor satu dalam 13 tahun.
Apple pun memungkinkan begitu banyak orang untuk melakukan hal begitu mudah.

2. Google

Nilai merek: US$ 93,3 miliar
Peringkat tahun lalu: 4
Nilai perubahan naik 34%

Google telah melakukan inovasi dengan Google Glass.  Perusahaan terus bekerja keras untuk mempertahankan pasar pencari data terbesar. Meski demikian, ada kebingungan antara merek Google dengan Youtube dan Android. Inovasi yang luar biasa dinilai menjadi salah satu hal sangat penting yang dilakukan perseroan

3. Coca-Cola

Nilai merek: US$ 79,2 miliar
Peringkat tahun lalu: 1
Nilai perubahan naik 2%

Peringkat Coca Cola turun dari peringkat pertama selama 13 tahun menjadi peringkat tiga. Ini bukan berarti perusahaan melakukan salah. Pada 2013, Coke menjadi perusahaan dengan pemasaran yang kreatif dalam periklanan. Ini menunjukkan suatu penyegaran dalam pemasaran seperti video stunt.

4. IBM

Nilai merek: US$ 78,8 miliar
Peringkat tahun lalu: 3
Nilai perubahan naik 4%

Big Blue ini untuk terus melanjutkan inovasi, dan mengisi banyak paten dari perusahaan lainnnya. Perusahaan ini telah melakukan ekspansi besar dengan membuka 144 kantor pada 2012. Meski demikian, pendapatan perusahaan masih menjadi isu.

5. Microsoft

Nilai merek: US$ 59,5 miliar
Peringkat tahun lalu: 5
Nilai perubahan naik 3%

Microsoft memiliki banyak produk dengan "One Microsoft" yang direstrukrisasi dengan pendekatan produk. Dengan CEO Steve Ballmer sebagai CEO nanti perusahaan menjadi hardware business dari software business.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini