Sukses

Cara Unik 16 Perusahaan Top Menentukan Namanya

Adalah nama perusahaan yang seringkali menjadi penentu ketertarikan konsumen terhadap suatu produk. Bagaimana 16 perusahaan top dunia ini membikin namanya?

Sebagian pengusaha bisa jadi menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan nama perusahaan sehingga bisa menarik banyak konsumen. Namun bukan tidak mungkin, gagasannya muncul dari hal-hal sederhana dan justru menjadikannya unik untuk diketahui.

Seperti dilansir dari Weblyest, Selasa (22/7/2013), terdapat beberapa cara perusahaan dalam menentukan namanya.

Lengkapnya, berikut 16 perusahaan yang tersebar di dunia beserta sejarah penamaanya yang cukup unik bahkan terhitung sederhana:

1. Pepsi

Nama perusahaan ini berasal dari nama enzim pencernaan, pepsin.

2. IKEA

Penamaannya merupakan inisial dari pendirinya Ingvar Kamprad, ditambah dengan inisial properti dan desa dimana dia dibesarkan, Elmtaryd Agunnaryd. Jadi IKEA merupakan singkatan dari Ingvar Kamprad Elmtaryd Agunnaryd

3. Coca Cola

Daun coca dan kacang-kacangan kola yang biasa digunakan untuk memperkaya rasa, menjadi inspirasi nama perusahaan yang terkenal di dunia ini.

4. Nokia

Perusahaannya pertama kali mengolah kayu bahan pembuat kertas yang kemudian beralih menghasilkan beberapa produk karet di Nokia.

Perusahaan telekomunikasi raksasa Nokia ini didirikan Fredrik Idestam pada 1865 di kota Nokia, Finlandia. Kota tersebut terletak di tepi sungai Nokianvirta di Finlandia Barat.

5. SONY

Diambil dari kata Latin 'sonus' yang berarti suara. Perusahaan memilih nama 'Sony' karena lebih mudah diucapkan dalam berbagai bahasa.

6. Nintendo

Dari nama Jepang, Nintendou. Nin berarti entrusted (dipercaya) dan ten-dou berarti surga.

7. Adidas

Kata Adidas diambil dari nama pendirinya Adolf Adi Dassler. Saudara laki-lakinya, Rudolf Rudi Dassler juga mendirikan perusahaan sepatu bernama Ruda. Namun saat ini Anda akan lebih mengenalnya dengan sebutan Puma.

8.  Canon

Namanya diambil dari Kwanon, kamera pertama yang diciptakan Precision Optical Instruments Laboratory.

9. Nikon

Merek produk Jepang ini berasal dari kata 'Nippon Kogaku' yang berarti 'Optik Jepang'.

10. e-bay

Berasal dari bagian Echo Bay Technology Group. Sementara URL-nya EchoBay.com diambil dari perusahaan tambang yang berbasis di Echo Bay, Nevada.

11. Amazon.com

Sebelum menjadi Amazon.com, URL penjual buku online ini dikenal dengan nama Cadabra.com. Perubahan nama tersebut mencerminkan potensi volume penjualan yang lebih besar dibandingkan penjualan buku secara langsung.

12. 7-Eleven

Namanya merupakan pengganti U-Tote'm pada 1946, yang saat itu adalah penyedia berbagai kebutuhan sehari-hari. 7-Eleven mulai digunakan setelah toko-tokonya dibuka dari pukul 7.00 pagi hingga 11.00 malam.

13. Wendy's

Pendiri perusahaan makanan cepat saji ini, Dave Thomas menamainya sesuai dengan nama anak perempuannya Melinda yang akrab dipanggil Wendy.

14. Sharp

Ide memberi nama Sharp muncul setelah perusahaan meluncurkan produk pertamanya, pensil tajam.

15. Vodafone

Vodafone merupakan singkatan dari Voice, Data dan Telefone.

16. Sega

Service Games of Japan yang disingkat menjadi Sega yang asalnya mengimpor mesin-mesin pinball ke basis militer Amerika di Jepang. (Sis/Igw)