Sukses

45 Menit ke Bandara Kualanamu, Tarif Tiket KA Dipatok Rp 50 Ribu

Bandara Kualanamu di Medan Sumatera Utara rencananya akan mulai beroperasi pada 25 Juli 2013.

Masyarakat Sumatera Utara (Sumut) akan segera memiliki bandar udara baru, yakni Bandara Kualanamu di Medan. Rencananya bandara ini akan mulai beroperasi pada 25 Juli 2013.

Selain menjadi lokasi angkutan udara bagi masyarakat di Sumatera Utara, bandara ini akan dilengkapi berbagai sarana transportasi lain. Mulai dari taksi hingga kereta api.

Mengutip situs Angkasa Pura II, tarif kereta api dengan rute Stasiun Besar Medan hingga Bandara Kualanamu sebesar Rp 50 ribu per orang.

Transportasi kereta api ini dikelola oleh Airport Railink service. "Jarak tempuh ke bandara selama 45 menit," demikian pengumuman AP II di dalam situsnya, Selasa (9/7/2013).

Sementara untuk transportasi taksi, ada sekitar 12 perusahaan yang akan melayani penumpang dari dan ke Bandara Kualanamu di Medan. Ke-12 taksi tersebut, yakni Bengawan, Cantik, Delta, Eka, Inda, Karsa, Limo Express, Martabe, Matra, Sibolga Nauli, Taxi Kita, dan Yuki.

Selain itu untuk mendukung akses Bandara Kualanamu, Kementerian Pekerjaan Umum merencanakan jalan tol dan jalan non tol untuk akses ke Kualanamu.

Bandara Kualanamu dibangun di atas lahan seluas 1.365 hektare (ha). Bandara ini ditargetkan bisa menampung 8,1 juta pergerakan penumpang per tahun pada pembangunan tahap pertama, 15 juta penumpang per tahun setelah pembangunan tahap kedua, dan 22,18 juta penumpang per tahun pada pengembangan ultimate bandara. (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini