Sukses

15 Perusahaan yang Memperlakukan Konsumen Seperti Raja

Anda tentu kenal dengan ungkapan 'konsumen adalah raja'. Hal tersebut mengingatkan betapa pentingnya kepuasan konsumen dalam menentukan kesuksesan bisnis Anda.Pada perusahaan yang berkaitan dengan konsumen, hal sepele bisa jadi hal besar.

Meskipun bukan dengan pekerjaan besar, tapi memperlakukan konsumen dengan benar merupakan hal yang sangat penting.Perhatikanlah hal-hal kecil yang diinginkan konsumen dan para pelanggan akan menyukai perusahaan Anda.


Seperti dilansir dari msn.com, Senin (24/6/2013), Wal-Mart (WMT), contohnya memberikan pelayanan yang kurang memuaskan bagi konsumen dan membuatnya harus bersusah payah menaikan volume penjualannya.

Bagi Anda yang penasaran, berikut 15 deretan perusahaan yang membuat konsumennya bagaikan raja menurut American Customer Service Index (ASCI):


1. JetBlue

Maskapai New York, Jet Blue (JBLU) menempati peringkat pertama America Airline Satisfaction Study, terkait kepuasan para penumpang dari J.D. Power & Associates selama bertahun-tahun. Lewat JBLU, perjalanan udara terasa menyenangkan dan para penumpang mendapat tawaran gratis kopi dan cemilan Dunkin’ Donuts. Pesawatnya juga menyediakan ruang kaki yang lebih luas.

2. J.Crew

Setelah mengalami masa keterpurukan, para penjual berbalik dan berterima kasih pada CEO J. Crew Millard "Mickey" Drexler, yang maniak sekali dalam memperhatikan kebutuhan konsumen. Dia selalu berupaya menjawab keluhan-keluhan konsumen secara pribadi. Dia menyediakan berbagai fasilitas untuk kemudahan berbelanja untuk konsumen.

3. Crate & Barrel

Penjualnya berjanji untuk mengantarkan furniture ke ruangan pilihan konsumen, merakitnya dan membuka semua kemasan. Crate & Barrel juga menyediakan kartu potongan harga jika Anda membeli produk toko tersebut untuk pernikahan Anda.

4. Amazon.com divisi Zappos

Tahun lalu, seorang pegawai Zappos berbincang dengan seorang konsumen melalui telepon selama 10 jam. Kebanyakan isi pembicaraan membahas bagaimana rasanya hidup di Las Vegas. Secara mengejutkan, pegawai tersebut mendapat penghargaan untuk ekstra layanan yang diberikannya pada konsumen tersebut. Tak hanya itu, kesabarannya tersebut diganjar saat konsumen tersebut akhirnya membeli sepasang sepat Ugg di Amazon.com seharga US$ 928 juta pada 2009.

5. Chick-fil-A

Dengan kemampuannya menyediakan layanan terbaik bagi konsumen di industri makanan cepat saji, Chick-fill-A menjadi unggul di bidangnya. Para pegawai menawarkan isi ulang soda dan membersihkan sampah-sampah makanan dengan cepat dan sangat bersih. Bagi perusahaannya, melayani konsumen adalah kebahagiaan baginya.  Chick-fil-A meraih nilai 82% di peringkat Temkin Experience, yang tertinggi di antara restoran cepat saji lainnya.


6. Hallmark

Percaya atau tidak, perusahaan amplop raksasa ini telah mengembangkan lem dengan rasanya yang manis bagi kebanyakan orang. "Formulasi ini kami gunakan sejak 2000 pada amplop-amplop Hallmark yang diproduksi di fasilitas produksi Kansas," ujar juru bicara Hallmark.


7. TD Bank

Bank Kanada ini sangat unggul dalam memperhatikan detail-detail layanan pelanggan. Setiap cabang diawasi oleh anjing-anjing demi keamanan pelanggan. Tak hanya itu, Bank juga menyesuaikan tipe pulpen dengan yang disukai wanita. Para pelanggan bank juga diberikan kartu-kartu hadiah dan pergantian buku tabungan gratis.

8. Neiman Marcus

Untuk para konglomerat yang mencari hadiah spesial untuk hari libur, toko Dallas ini adalah salah satu tempat yang harus dikunjungi. Persembahan terbarunya adalah Bulleit Frontier Whiskey Woody-Tailgate Trailer hanya seharga US$ 150 ribu, yang dilengkapi dengan TV layar datar dan lemarinya.

9. Morton's The Steakhouse

Seorang konsultan asal Amerika Peter Shankman terkejut dengan pelayanan yang diberikan restoran steak yang dikunjunginya. Seorang pelayan berpakaian tuxedo berdiri menunggunya setelah dua jam sebelumnya dia memesan beberapa makanan. Dia berdiri dengan steak, pesanan udang, kentang dan roti ditangannya. Dirinya mengaku terkesima dengan pelayanannya tersebut.

10. Apple

Pada saat produk Anda tersebut dan Anda membawanya ke counter resmi Apple, pegawai disana akan menggantikan produk tersebut tanpa biaya sedikitpun. Pihaknya juga memberikan garansi jika terjadi kerusakan pada produk tersebut. Semua biaya perbaikan produk Apple benar-benar gratis.

11. The Ritz-Carlton

Hotel mewah ini dikenal dengan layanan pada pelanggannya. Hal tersebut merupakan hasil pengamatan berbagai industri lain. Contohnya, para karyawan selalu memperhatikan hal-hal yang disukai konsumen dan memastikan semua pelayanan diberikan tepat waktu. Tahun lalu, hotel ini memenangkan penghargaan J.D Power untuk kategori hotel termewah.

12. Wegmans

Perusahaan ini terkenal sangat memperhatikan karyawan dan konsumennya. Ukuran toko ini dua kali lebih besar dari supermarket tradisional dan menjual dua kali lebih banyak produk di tempatnya. Supermarket Wegmans selalu meraih volume penjualan tertinggi setiap hari.

13. SolarCity

Bisnisnya bergerak di bidang instalansi tenaga surya yang dibutuhkan perusahaan atau pribadi. Seluruh proses dilakukan secara sederhana bagi para pelanggan. Perusahaan memberikan izin dan pemasangan peralatan secara gratis. Sebagai imbalannya, SolarCity meminta pelanggan untuk berkomitmen melakukan sewa selama 20 tahun dan diskon pembayaran setelah pembayaran dilakukan.

14. Publix

Rantai penjualan Publix menduduki peringkat pertama di antara supermarket ASCI sejak 1995. Pada peringkat J.D. Power dan Temkin, nilainya juga terhitung baik. Rahasia kesuksesannya sangat sederhana. Menurut para pelanggannya, tokonya bersih, pegawainya ramah dan menawarkan berbagai pilihan produk dengan harga terjangkau.

15. Ace Hardware

Jawara pelayanan pada pelanggan di sektor perangkat keras (hardware) adalah Ace Hardware, yang menduduki puncak penghargaan J.D. Power di sektor tersebut selama tujuh tahun terakhir. Yang lebih mengesankan adalah kenyataan bahwa nilainya yang mencapai 803 dari skala 1.000 merupakan yang tertinggi dibanding penjual manapun. Rantai penjualan sangat baik khususnya pada karyawan dan layanannya serta kategori fasilitas penyimpanan. (Igw)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS