Sukses

Lansia & Penyandang Cacat Penerima BLSM Dapat Perlakuan Spesial

Pemerintah dan PT Pos Indonesia akan mengatur pembayaran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) yakni melalui kantor pos dan komunitas. Dengan mekanisme ini, petugas akan mendatangi langsung penerima BLSM yang menderita cacat dan lanjut usia yang tidak mampu mengantre di kantor pos.   

Menurut Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, petugas pos akan melayani penyaluran BLSM langsung di rumah warga miskin yang berhak mendapatkan kompensasi BLSM.

"Kalau perlu pos mendekati komunitas. Petugas akan mengantar langsung BLSM kepada penerima BLSM yang cacat dan lansia," terang dia usai menghadiri acara pengumuman kenaikan harga BBM bersubsidi di Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Agus mengatakan, penyaluran BLSM langsung ke rumah tangga miskin (komunitas) akan disaksikan pula oleh pejabat kelurahan, maupun RT atau RW. Langkah ini memastikan penyaluran BLSM tidak akan salah sasaran.

Sementara itu, Direktur Utama Pos Indonesia I Ketut Mardjana mengatakan, BLSM senilai Rp 300 ribu untuk dua bulan akan mulai disalurkan besok (22/6/2013) bertambah dari 14 kota menjadi 15 kota dengan tambahan kota Bogor.

"Masalah kota semula ditargetkan tahap I sebanyak 12 kota, tapi menjadi 14 kota dengan tambahan Malang dan Solo.Karena ditambah lagi Bogor, maka total pembagian BLSM tahap I menjadi 15 kota di seluruh Indonesia," papar dia.

Sedangkan untuk kota Bandung dan Jayapura, lanjut dia, BLSM akan dibagikan pada Senin (24/6/2013). Ke-15 kota tersebut, antara lain, Medan, Palembang, DKI Jakarta (8 lokasi), Bogor, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Banjarmasin, Solo, Makassar, Ambon, Surabaya, Malang, Bandung dan Jayapura.

"Tahap kedua pembagian BLSM di 34 provinsi pada 25 Juni 2013 dan mulai 1 Juli 2013 sudah mencakup seluruh Kabupaten/Kotamadya dan Kecamatan," ucap Mardjana.

Dia bilang, masyarakat bisa mengambil dana BLSM di kantor pos terdekat pada pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Sedangkan untuk Indonesia bagian Tengah dan Timur disesuaikan dengan jam operasional kantor pos setempat.(Fik/Shd)
    Loading