Sukses

Dahlan Didaulat Jadi Duta Kopi Pinogu Khas Daerah di Gorontalo

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan melakukan kunjungan kerja ke Desa Toluwaya, Bulango Timur, Boe Bolango. Kedatangan Dahlan ke wilayah ini adalah untuk melakukan penanaman padi bersama petani di wilayah tersebut.

Pada kesempatan itu, Dahlan juga meluncurkan kopi Pinogu yang menjadi salah satu produk unggulan Bone Bolango.  Tak sekedar memperkenalkan kopi tersebut, Dahlan bahkan menghabiskan dua cangkir kopi Pinogu. Tak heran, jika Plt Bupati Bone Bolango meminta agar Dahlan Iskan menjadi Duta Kopi Pinogu.

"Kalau Pak Menteri jadi Duta Kopi Pinogu mudah-mudahan semua BUMN akan menjadikan kopi Pinogu sebagai minuman di setiap kegiatan. Jika ini terjadi rakyat Bone Bolango akan sejahtera," kata Plt Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, Minggu (21/4/2013).

Dahlan Iskan tiba dilokasi sekitar pukul 10.30 Wita. Kedatangan orang nomor satu di BUMN tersebut disambut ratusan petani daerah tersebut.

Seperti biasanya dia langsung menyalami satu persatu warga yang sudah menanti sejak pagi. Usai itu, Dahlan langsung terjun ke lokasi pesawahan di Desa Toluwaya.

Dengan sikap merakyatnya, saat akan ikut menanam padi, Dahlan melepas sepatu boot dan bertelanjang kaki saat ikut menanam padi. Beberapa pejabat tinggi daerah pun ikut melepaskan sepatu boot mereka.

Aksi Dahlan tersebut membuat petani yang menyaksikan penanaman padi kagum. Sebab pemandangan ini jarang dan sangat langka dilakukan para pejabat.

"Ini baru pejabat. Ingin merasakan langsung apa yang dialami petani," kata salah seorang warga yang menyaksikan.

Pada kesempatan tersebut, Dahlan yang kagum dengan hasil produksi pertanian di Bone Bolango juga menanyakan pola tanam dan pupuk yang digunakan petani Bone Bolango yakni sistem jejer legowo 4.

Karena mampu menjawab pertanyaan dari Dahlan, seorang petani diberi hadiah uang tunai sebesar Rp 2 juta yang akan digunakan membeli pupuk bersama petani lain. "Waktu kecil saya sudah biasa tejun ke sawah," ungkap dia.

Selain tanam padi, Dahlan turut menyaksikan langsung demo mesin pembangkit listik tenaga biomas kapasitas 50 KVA. Sebelum menghadiri kegiatan di Desa Toluwaya Kecamatan Bulango Timur. (Fik/Nur)


    Video Populer Bisnis

    Tutup Video